Kokohnya Monumen Batalyon Armed 3/NP Magelang, Lambang Kekokohan Semangat Juang Personelnya -->

code ads

Kokohnya Monumen Batalyon Armed 3/NP Magelang, Lambang Kekokohan Semangat Juang Personelnya

Thursday, January 24, 2019
Monumen Batalyon Armed 3/Naga Pakca Magelang atau lebih dikenal dengan Yon Armed 3/105 Tarik, di tepi jalan Raya Magelang Semarang, tepatnya di Sambung, Desa Jambewangi, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/01/2019). (Foto: Dok. istimewa Eko/Ady)

Magelang, beritaglobal.net - Magelang, beritaglobal.net - Keberadaan Batalyon Artileri Medan 3/Naga Pakca atau Yon Armed 3/NP atau Yon Armed 3/105 Tarik, menjadikan satuan bantuan tempur (satbanpur) organik dibawah Kodam IV/Diponegoro semakin kuat. Batalyon tempur yang bermarkas di Sambung, Desa Jambewangi, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, semakin menawan dibawah pimpinan Komandan Batalyon Letkol Arm Irwansah, S.A.P.

Ditemui beritaglobal.net, diruang kerjanya, Letkol Arm Irwansah menyampaikan bahwa saat pertama kali bertugas ke Yon Armed 3/NP, dirinya merasakan bahwa tidak ada greget markas tempatnya bertugas, dimana saat pertama kali dirinya bertanya kepada masyarakat sekitar batalyon tidak ada yang mengetahui eksistensi Batalyon Armed 3/NP.

"Setahun lalu saya tiba disini, saya melihat ada yang kurang greget, batalyon kok sepi, masyarakat sekitar juga terkesan cuek, karena ternyata setelah saya bertanya - tanya ke sekitar batalyon, mereka tidak tahu tentang keberadaan batalyon ini, karena dari luar pun tidak ada identitas yang jelas," ungkap Letkol Arm Irwansah.

"Baru setelah bulan November 2018, setelah saya bertugas lebih kurang 1 tahun, saya adakan diskusi dengan tim dan masukan dari masyarakat untuk membangun monumen atau landmark yang mencirikan ketangguhan serta kekokohan Batalyon Armed 3/NP," imbuhnya.

Saat ditanyakan makna dari monumen yang dibangun di eranya, Letkol Arm Irwansah menyebutkan bahwa dalam kesatuan yang dipimpinnya terdapat ratusan personel dan keluarganya yang terbagi dalam 4 baterai. Dalam monumen Armed 3 tersebut terdapat lambang 4 baterai, sebagai lambang kekokohan semangat juang personelnya.

"Monumen ini dibangun dalam bentuk kekinian, bukan hanya untuk penanda eksistensi Yon Armed 3, tapi juga melambangkan kekokohan semangat juang semua personel yang ada di dalamnya, dimana mereka semua punya semangat juang yang tangguh" tandas Letkol Arm Irwansah. (*)



Laporan Eko Triono kontributor Magelang
Editor: Fera Marita