Mengulik SATRELA, Relawan Peduli Kemanusiaan dan Lingkungan Leyangan -->

code ads

Mengulik SATRELA, Relawan Peduli Kemanusiaan dan Lingkungan Leyangan

Sunday, January 13, 2019
Anggota SATRELA melakukan koordinasi sebelum menjalankan aktivitas, Minggu (13/01/2019). (Foto: Dok. istimewa/Rie)

Ungaran, beritaglobal.net - Pada hari Minggu (13/01/2019), ada yang berbeda di Alaska Mendiro Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Di acara Live Performance Drumblek Amal Peduli Sesama, bencana Banten, Lampung dan Sukabumi yang digelar pagi itu tampak Tim Satgas Satuan Relawan Leyangan (SATRELA) sebagai pengaman acara.

Mengupas lebih jauh tentang SATRELA awak media menyambangi Ketua Koordinator SATRELA, Bung Tom. Dalam wawancara nya Bung Tom  menyampaikan bahwa Tim Satgas Satuan Relawan Leyangan (SATRELA) merupakan binaan Maskuri Boy Kepala Desa Leyangan terpilih.

"Awal dibentuknya Satgas Satuan Relawan Leyangan (SATRELA) pada tanggal 13 November 2018, berawal dari program Maskuri Boy, Kepala Desa terpilih, sebagai penggagas, ide dan penyokong juga suatu programnya beliau dibentuknya relawan ini, bertujuan menyikapi kebencanaan, pemberdayaan sosial dan kelestarian lingkungan," ujar Bung Tom kepada wartawan.

"Satgas sekarang berjumlah 50 orang diambil dari warga sekitar yang peduli lingkungan, dan kami pun juga diketahui dan meminta bimbingan dari Babinsa, Koramil Ungaran dan Bhabinkamtibmas Polsek Ungaran untuk menjadi Satgas relawan di wilayah Leyangan ini," imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Leyangan terpilih, Maskuri Boy mengungkapkan bahwa beliau membentuk SATRELA guna membangun dan bekerjasama dengan kepala desa dan jajaran terkait dalam segi keamanan, kemanusiaan dan segala hal di wilayah Leyangan khususnya dan juga untuk Kabupaten Semarang umumnya, yang anggotanya diambil dari segenap warga masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sebagai relawan yang tanpa paksaan.

"Himbauan saya mengajak segenap masyarakat dan seluruh warga Leyangan, khususnya bergabung menjadi relawan yang memiliki kepedulian kemanusiaan, untuk menjadi relawan SATRELA," ujar Kepala Desa Leyangan terpilih, Maskuri Boy. (*)


Laporan wartawan MNN Media Group : Arie Budi
Editor : Fera Marita