Thursday, January 3, 2019, 1/03/2019 10:58:00 PM WIB
Last Updated 2019-01-03T16:00:40Z
BERITA DAERAHNEWS

Paguyuban RW Kota Salatiga Datangi DPRD, Audiensi Kepastian Realisasi Dana Hibah Guyub RW

Advertisement
Ketua DPRD Salatiga M. Teddy Sulistio saat mempin audiensi dengan Paguyuban RW Salatiga, bersama Sekda Salatiga, Kapolres Salatiga, Kajari Salatiga, Anggota DPRD dan Koordinator Paguyuban RW, di ruang Nusantara DPRD Salatiga, Kamis (03/01/2019). (Foto: istimewa/ASB)

Salatiga, beritaglobal.net - Seperti diberitakan sebelumnya di beritaglobal.net, bahwa pada hari Senin (31/12/2018) lalu, telah diadakan pertemuan antara Walikota Salatiga dan Ketua DPRD Salatiga, terkait polemik dana hibah Guyub RW, yang bermula dari sebuah pemberitaan di media online.

Menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut, Paguyuban RW se Kota Salatiga yang dikoordinir oleh Wiwik Sunarto, menyampaikan bahwa paguyuban RW masih menanti kepastian dana tersebut langsung dari DPRD, dengan melakukan Audiensi di ruang Nusantara DPRD Salatiga, Kamis (03/01/2019).

Kedatangan puluhan ketua RW yang tergabung dalam Paguyuban RW Kota Salatiga, diterima oleh Ketua dan Wakil Ketua DPRD Salatiga.

Anggota paguyuban RW Salatiga saat mengikuti jalannya audiensi dengan DPRD Salatiga dan TAPD Salatiga, Kamis (03/01/2019).

Dalam audiensi tersebut membahas terkait ditundanya dana Guyub RW yang belum terealisasi. Selain itu para RW juga mempertanyakan tentang kepastian kapan realisasi program guyub RW yang gagal keluar di tahun 2018/2019.

Hadir dalam audiensi tersebut, Ketua DPRD Kota Salatiga M. Teddy Sulistio, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga Dr. Yudi Kristiana, S.H., M.H., Wakil Ketua DPRD Kota Salatiga, M. Fathur Rahman, Riawan Woro Endartiningrum, H. Kemat, S.Sos., Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Drs. Fakruroji dan Dra. Gati Setiti, M.Hum., dan Assisten Pemerintahan Setda Kota Salatiga.

Baca juga : Polemik Guyub RW : Kajari Salatiga Pertemukan Eksekutif dan Legislatif

Audiensi di buka oleh Ketua DPRD Kota Salatiga M. Teddy Sulistio yang dilanjutkan oleh H. Kemat dengan menjelaskan  sebenarnya DPRD Kota Salatiga sangat mendukung bantuan hibah guyub RW. Namun semua itu harus melalui tahapan-tahapan mekanisme.

Selanjutnya mengenai isu yang menyebut jika Ketua DPRD dan Fraksi PDIP yang mencoret itu tidak benar.

Baca juga : Hoax! Saya Tidak Yakin Walikota Dan Wakil Walikota Ucap Fraksi PDIP Tolak Dana Guyub Rukun RW, Kata Ketua DPRD Kota Salatiga

"Kami justru sangat mendukung, namun keputusan penganggaran guyub RW pada APBD perubahan muncul dari eksekutif melalui ketua tim anggaran, Pak Sekda," ungkap Kemat.

Sementara saat Audiensi berlangsung sejumlah RW menyampaikan pendapat dan meminta jika dana Guyub RW di cairkan pada bulan Juni tahun 2019 ini.

"Intinya kami minta kejelasan tentang dana Guyub RW dan kami minta dana itu cair pada bulan Juni 2019 ini, dan kami tidak mau tahu apapun mekanismenya harus cair," ungkapnya.

Menanggapi keinginan yang disampaikan oleh Paguyuban RW, Ketua DPRD M. Teddy Sulistio menyampaikan maafnya jika belum bisa memperjuangkan terkait pencairan Dana Guyub RW. Namun kami sebagai anggota DPRD tentunya akan terus memperjuangkannya.

"Intinya kami DPRD siap mengetuk palu kapanpun, namun kami juga menunggu dari pihak eksekutif , karena semua itu tentunya ada tahapan dan mekanismenya. Monggo saya serahkan Pak Sekda untuk menjelaskanya," ucap Teddy.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Drs. Fakruroji menanggapi keinginan  Ketua RW yang menyampaikan, bahwa mengenai dana Guyub RW dianggarkan pada APBD Perubahan 2019 dan sudah ada kesepakatan antara Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), terkait dana Guyup RW dianggarakan pada APBD Perubahan.

"Untuk dana Guyub RW itu bukan dicoret tapi di tunda dan dijalankan di perubahan. Mekanismenya sudah ada. RKPD akan dipercepat. Dan akan melihat dulu silpa (sisa anggaran) 2018 berapa. Pemeriksaan bulan April dan Mei dan baru diketahui silpanya," ungkap Drs. Fakruroji.

Murni Tagih Janji

Ditemui terpisah beritaglobal.net seusai audiensi, koordinator Paguyuban RW, Wiwik Sunarto yang juga sebagai Ketua RW V Kelurahan Gendongan mengatakan, tindak lanjut mengenai keputusan rapat siang ini kita akan koordinasi dengan para ketua RW.

Baca juga : Paguyuban RW Kota Salatiga Terima Penjelasan Walikota Terkait Dana Hibah Guyub RW

"Kita mau koordinasi dulu apa yang harus kita lakukan, istilahnya untuk mengharap lagi, sebagai tolak ukur apa yang kita harapkan sesuai rencana yang sudah kita hadapi bersama," katanya.

Lanjut Wiwik, para Ketua RW dalam audiensi bersama DPRD ini pada intinya untuk menanyakan serta memastikan apakah benar informasi menyebutkan jika dana Guyup RW tidak dapat cair di bulan Juni 2019.

"Kami yang datang yakni para RW ini murni untuk mempertanyakan apa benar dana Guyup RW tidak dapat cair di bulan Juni ini. Intinya, kami menagih janji," ungkapnya. (Agus S)