Pangdam IV/Diponegoro Tekankan Komitmen Netralitas TNI Dalam Amankan Pemilu Damai 2019 -->

code ads

Pangdam IV/Diponegoro Tekankan Komitmen Netralitas TNI Dalam Amankan Pemilu Damai 2019

Tuesday, January 29, 2019
Danrem 073/Mkt saat pimpin Apel kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro, di Lapangan Klumpit, Desa Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Rabu (30/01/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga).

Salatiga, beritaglobal.net - Apel kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro, khususnya wilayah Korem 073/Makutarama dilaksanakan di lapangan Klumpit Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Rabu (30/01/2019) pagi.

Kepada beritaglobal.net, Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa Apel dipimpin oleh Komandan Korem (Danrem) 073/Makutarama Kolonel Arm. Muh Herwansyah.

"Kegiatan Apel kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro, untuk wilayah Korem 073/Makutarama dipimpin langsung oleh Danrem," ungkap Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta.

Pelda Yudha menyampaikan bahwa Apel dihadiri pula oleh Dandim 0714/ Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., Para Kasatdisjan jajaran rem 073/Mkt, Kasdim 0714/Salatiga Mayor Kav Burhanudin, S.T., Para Kasi Rem 073/Mkt, Camat Tingkir dan lebih kurang 750 personel dari unsur TNI/Polri.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono berdampingan dengan Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan saat mengikuti Apel kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro.

Saat membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro, terdapat 6 penekanan kepada seluruh personel TNI/Polri yang terlibat dalam pengamanan pelaksanaan pemilu 2019.

"Ada 6 penekanan dari Pangdam IV/Diponegoro, dalam amanat beliau yang dibacakan oleh Danrem 073/Mkt selaku pimpinan Apel, dan dalam point pertama adalah penekanan untuk netralitas TNI/Polri dalam pelaksanaan Pemilu 2019," imbuh Pelda Yudha.

6 penekanan Pangdam IV/Diponegoro tersebut diantaranya adalah pertama, selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI dalam Pemilu 2019. Kedua, ciptakan realisme dalam latihan, sehingga peserta dapat memahami teknik, prosedur dan mekanisme serta sistem komando, kendali, komunikasi serta informasi pengamanan Pemilu 2019. Ketiga, laksanakan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh unsur terkait di wilayah masing - masing sehingga dapat terwujud sinergitas antar instansi dalam pengamanan Pemilu 2019. Keempat, Kepada para pelaku atau peserta latihan, saya perintahkan agar mengikuti latihan ini dengan sungguh - sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Kelima, jaga keamanan baik personel maupun materiil selama melaksanakan Iatihan dan hindari segala perbuatan yang dapat merusak citra prajurit Diponegoro. Keenam, adakan evaluasi kegiatan sehingga segala kekurangan dapat segera dibenahi dan dilatihkan kembali sampai benar - benar dipahami serta dikuasai.

"Diakhir amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 073/Mkt, Pangdam IV berharap,  semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam memberikan pengabdian terbaik demi kejayaan bangsa dan negara," tandas Pelda Yudha, saat menyampaikan pelaksanaan Apel kesiapan pelaksanaan latihan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 di wilayah Kodam IV/Diponegoro. (Fera Marita/Agus S)