Payaman Diasapi, Warga Ungsikan Piaraan -->

code ads

Payaman Diasapi, Warga Ungsikan Piaraan

Thursday, January 31, 2019
Dwi Haryanto bersama putrinya saat berangkat beraktifitas, Jumat (01/02/2019) pagi, seraya membawa Love Bird piaraannya untuk dititipkan ke rumah saudaranya di RT 01 RW 04, Payaman, Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir. (Foto: Dok. istimewa/KHM)

Salatiga, beritaglobal.net - Sejumlah warga di lingkungan Payaman RT 02 RW 04 Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, pagi ini, Jumat (01/02/2019) sibuk menitipkan sangkar burung ke rumah warga di RT sebelah. Hal itu dilakukan terkat rencana dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga yang dijadwalkan akan melakukan pengasapan (fogging) ke seluruh lingkungan dan rumah warga pada pukul 08.00 WIB pagi.

"Pagi ini akan dilakukan fogging oleh DKK di lingkungan RT 02 RW 04 karena sudah banyak warga menderita sakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti," terang Ketua RW 04, Nur Azis kepada beritaglobal.net.

Khawatir dampak pengasapan itu akan mebahayakan unggas peliharaan, maka sejumlah warga sontak mengungsikan burung dan ayamnya ke tetangga atau saudara yang tinggal di RT 01 sebelum mereka meninggalkan rumah untuk bekerja.

"Burung ini akan saya titipkan ke rumah mertua di RT bawah (RT 01-red) karena sebentar lagi saya tinggal kerja," ujar Dwi Haryanto sambil menenteng sangkar burung lovebird bersama anak putrinya.

Untuk diketahui, beberapa minggu ini sejumlah warga di Payaman RT 02 RW 04 terpaksa menjalani rawat inap di rumah sakit di Salatiga karena menderita penyakit demam berdarah. Dinilai telah endemis, DKK menjadwalkan untuk melakukan pengasapan pada hari ini. (Khamim)