Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat di Wilayah Binaan -->

code ads

Sinergi Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Masyarakat di Wilayah Binaan

Friday, January 18, 2019
Pemasangan MMT himbauan kamtibmas oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Kamis (17/01/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Keamanan, ketertiban dan tumbuhnya kesadaran di masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak lepas dari peran - peran kecil personel Babinsa, Bhabinkamtibas dan masyarakat di wilayah binaan.

Sinergitas antara Babinsa dan Babinkamtibmas sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas untuk lebih memberikan rasa aman serta mewujudkan ketertiban sosial di masyarakat. Ini semua bisa terwujud jika diantara kedua belah pihak ada komunikasi yang baik, sehingga tugas dilapangan akan terasa ringan dan masyarakat pun akan merasa nyaman dan merasa terayomi.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Argomulyo Sertu Jamaludin dan Bhabinkamtibmas Polsek Argomulyo pada saat pemasangan MMT himbauan kepada warga masyarakat untuk menjaga keamanan demi kondusifitas wilayah menjelang Pemilu tahun 2019, pada hari Kamis (17/01/2019) lalu.

"Tentunya bukan hanya cukup dengan pemasangan MMT saja, tetapi kami secara berkelanjutan akan patroli ke wilayah, agar memberikan rasa aman dan nyaman di saat pelaksanaan pesta demokrasi yang tinggal 2 bulan lagi," tutur Sertu Jamaluddin.

Bersama Dengan Masyarakat

Selain pada antisipasi pengamanan menjelang pemilu 2019, disampaikan oleh Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta kepada beritaglobal.net, Jumat (18/01/2019) sore, bahwa dengan adanya slogan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari rakyat, untuk rakyat dan kembali ke rakyat, personel Babinsa juga aktif dalam pembinaan sektor pertanian.

Serma Fahrurozi sebagai Babinsa Desa Karanggondang, lakukan komunikasi sosial kepada masyarakat petani sambil makan siang di pematang sawah wilayah Desa Karanggondang, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Kamis (17/01/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

"Sesuai slogan TNI, dari rakyat, untuk rakyat dan kembali ke rakyat, rekan - rekan Babinsa juga berperan aktif dalam pembinaan di sektor pertanian, yang juga mendukung tugas dalam menjaga pertahanan kemaanan wilayah binaan," ungkap Pelda Yudha.

Pelda Yudha mencontohkan Babinsa di Desa Karanggondang, yang masuk dalam wilayah Koramil 02/Pabelan, Serma Fahrurozi, melakukan komunikasi sosial di pematang sawah kawasan Desa Karanggondang, Kecamatan Pabelan, disela makan siang bersama petani, dengan menu sederhana, Kamis (17/01/2019).

"Setelah ikut membersihkan talut di persawahan dalam rangka pendampingan kepada para petani, Serma Fahrurozi tidak ragu - ragu untuk ikut membaur bersama warga dan makan siang bersama. Dengan menggunakan piring dari daun pisang dan duduk di pematang sawah dirinya lahap menyantap makan siang dengan menu sederhana nasi urap ikan asin tersebut, sembari memberikan pengetahuan tentang wawasan kebangsaan," ungkap Pelda Yudha.

Pelda Yudha menyampaikan pula komentar dari Serma Fahrurozi tentang kegiatan di sawah siang kemarin, "Hal ini sudah sering Serma Fahrurozi lakukan, karena ini merupakan tugas pokok dan kewajiban kami untuk senantiasa mendampingi para petani di sawah, makanan ini merupakan rejeki dari Tuhan, dan rasanya sangat enak,” ujar Pelda Yudha menirukan ungkapan Serma Fahrurozi.

Sementara itu, Pelda Yudha menyampaikan juga tanggapan seorang warga masyarakat di Desa Karanggondang, untuk peran aktif Babinsa dari Koramil 02/Pabelan Kodim 0714/Salatiga, “Pak Babinsa ini sering kali ikut sama kita, selalu mendampingi apabila kita ada di sawah,”ujar Pelda Yudha menirukan ungkapan Rukmini (45), salah satu petani di Desa Karanggondang, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. (ASB/Red)