475 Pelajar Setingkat SMA Kota Salatiga Ikuti Seleksi Paskibraka -->

code ads

475 Pelajar Setingkat SMA Kota Salatiga Ikuti Seleksi Paskibraka

Monday, February 25, 2019
Apel pagi peserta seleksi tim paskibraka 2019 di halaman Balai Prajurit Makutarama 073/Makutarama, Selasa (26/02/2019). (Foto: Dok. istimewa/ASB).
Salatiga, beritaglobal.net - Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), pada pelaksanaan upacara detik - detik proklamasi kemerdekaan RI yang diperingati setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, dipilih dengan seksama dengan seleksi dan pelatihan yang ketat.

Kedisiplinan, ketahanan fisik dan mental, menjadikan tim paskibraka dipersiapkan jauh - jauh hari dari pelaksanaan upacara peringatan detik - detik proklamasi kemerdekaan. Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Salatiga, bekerja sama dengan Kodim 0714/Salatiga, menyelenggarakan seleksi tim paskibraka, selama 4 hari sejak Senin (25/02/2019) kemarin, hingga Kamis (28/02/2019).

Pendidikan baris berbaris, di dalam gedung balai prajurit Makutarama
Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Salatiga, Aris Diganti, S.H., M.H., terdapat 475 pelajar setingkat SMA di seluruh Kota Salatiga yang dipilih sekolah masing - masing, untuk mengikuti seleksi tim paskibraka Kota Salatiga tahun 2019, di Balai Prajurit Makutarama Korem 073/Makutarama, Jalan Veteran, Salatiga.

"Kegiatan seleksi Paskibraka dengan dasar kepemimpinan yang diperuntukan mempersiapkan calon Pengibar Bendera Pusaka pada upacara peringatan detik - detik Proklamasi tahun 2019," ungkap Aris.

Adapun rincian peserta seleksi dari SMA, SMK dan MAN sekota Salatiga, terdiri dari 251 pelajar putra dan 224 pelajar putri. Nantinya hanya akan dipilih 82 pelajar putra dan putri sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

Ditambahkan oleh Aris, "Kegiatan ini diikuti adik - adik kelas X dari berbagai sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Salatiga, baik negeri maupun swasta," imbuhnya.

Sementara itu, Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta mewakili Dandim 0714/Salatiga Letkol Prayoga Erawan dan Ketua tim seleksi dari Kodim 0714/Salatiga, Kapten Inf Carso, kepada beritaglobal.net, Selasa (26/01/2019) disela - sela pelaksanaan seleksi hari ke dua, menyampaikan bahwa tim seleksi terdiri dari 5 orang Personel Kodim 0714/Salatiga, Kesbang Pol Salatiga, 7 orang anggota PPI, 4 Orang PMI, Serta dari Dispora sejumlah 7 orang.

"Materi seleksi tim paskibraka meliputi, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan serta postur tubuh, Pendidikan Baris Berbaris dan pelatihan fisik," ungkap Pelda Yudha.

Salah satu alumni tim Paskibraka tahun 2018, Dwi dari SMAN 3 Salatiga, menyampaikan rasa senangnya pernah menjadi bagian tim inti Paskibraka Kota Salatiga. Dirinya, sangat optimis jika adik - adik kelasnya yang sedang diseleksi tahun ini bisa lebih bagus. Hal ini disampaikan Dwi, dengan alasan bahwa postur tubuh peserta seleksi tahun ini lebih tinggi - tinggi dan tegap.

"Saya senang, pernah jadi anggota tim Paskibraka Salatiga. Saya melihat peserta tahun ini lebih bagus, posturnya tinggi - tinggi dan tegap. Ada 82 pelajar nantinya yang akan terpilih," ungkap Dwi.

"Kami dulu dikarantina 3 hari, dari seleksi paskibraka ini, kami mendapatkan pelatihan kepemimpinan dan kedisiplinan ala militer, tapi saya bangga dan senang pernah jadi anggota Paskibraka," tandas Dwi. (Agus S)