Aksi Tanam Pohon Ruwat Bumi 2019, Pamekersa Peduli Lingkungan -->

code ads

Aksi Tanam Pohon Ruwat Bumi 2019, Pamekersa Peduli Lingkungan

Sunday, February 17, 2019
Aktivitas Pamekersa dalam acara Ruwat Bumi dan penanaman 2019 batang pohon di empat titik di wilayah Kota Salatiga, Minggu (17/02/2019). (Foto: Dok. Pamerkersa/IWM) 

Salatiga, beritaglobal.net - Paguyuban Pemerhati Keris Salatiga (Pamekersa Joko Tingkir), bukan hanya melestarikan kebudayaan peninggalan leluhur dari sisi benda pusaka saja. Pamerkersa peduli lingkungan hidup, itulah bagian dari diadakannya Ruwat Bumi dengan penanaman pohon sejumlah 2019 batang pohon, Minggu (17/02/2019).

Acara penanaman pohon dimulai sekira pukul 10.00 WIB dengan dikomando langsung oleh ketua Pamerkersa, Adi Mahanan, seorang spiritualis asal Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Wakil Kapolres Salatiga Kompol Kristanto, Danyon Mekanis 411 Salatiga yang diwakili oleh Lettu Inf Ferdi, turut hadir dalam acara Ruwat Bumi, selain dukungan dari beberapa komunitas, seperti Salatiga Zippo yang diketuai oleh Antok Zigath, AGL Gunung Lawu dibawah komando Rusdianto, Salatiga Supranatural yang diwakili Muntafiq serta Panji Baruklinting yang diketuai oleh Ki Rengga Dumadi, serta Susilo,  ketua RT 01 RW 14 Cabean, sebagai tuan rumah acara Ruwat Bumi.

Penanaman pohon, dimulai di Punden Sendang Gladakan, Cabean sebagai lokasi pertama, di Jalan Bina Taruna, Cabean. Lokasi penanaman pohon kedua kemudian dilanjutkan dengan lokasi di depan Rusunawa Salatiga, kemudian dilanjutkan di Makam Grogol Salatiga. Sebagai lokasi ke empat sebagai pamungkas di Punden Warak Salatiga.

Disela acara tanam pohon, Adi Mahanan atau lebih akrab disapa Mas Han, menyampaikan, "Kami tanam 2019 pohon, adalah untuk edukasi dan pelestarian alam serta harapan kami dapat memacu rekan - rekan lainnya peduli dengan lingkungan alam," ungkap Mas Han.

Selapas Mas Han, memberi pernyataan terkait tujuan Pamekersa menanam pohon, salah satu anggota Pamekersa, Supri atau lebih akrab disapa Suprek, mendukung sepenuhnya aktivitas tanam pohon kali ini. "Saya sebagai anggota Pamekersa, sangat antusias mengikuti acara ini, agar Salatiga lebih hijau dan asri," ungkap Suprek bersemangat.

Sementara itu, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono melalui Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto menyampaikan apresiasinya atas kagiatan Ruwat Bumi oleh Pamekersa, dan berharap bahwa tanaman yang ditanam dapat hidup subur dan berguna bagi anak cucu. "Kami dari Polres Salatiga, mengucapkan apresiasi kepada Pamekersa, yang telah peduli pada lingkungan. Hal ini adalah juga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, dan pohon yang ditanam dapat hidup dan bermanfaat bagi anak cucu," ungkap Wakpolres Salatiga Kompol Kristanto.

Senada dengan Kapolres Salatiga, Komandan Bataliyon Mekanis 411/Salatiga yang diwakili oleh Lettu Ferdi, "Kami dari Bataliyon Mekanis 411, memberikan apresiasi. Kami harap kegiatan seperti ini dapat ditiru oleh organisasi lainnya, agar dapat dinikmati anak cucu," ungkapnya. (IWM/FMA)




Ditulis oleh: Indra Widyatmoko
Editor: Fera Marita