Apel 'Kenthongan' Sinergi Polres Salatiga Bersama Masyarakat Jelang Pemilu 2019 -->

code ads


Apel 'Kenthongan' Sinergi Polres Salatiga Bersama Masyarakat Jelang Pemilu 2019

Tuesday, February 19, 2019
Pemukulan kenthongan bersama - sama dipimpin oleh Wakpolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya, Camat Sidorejo Guntur Junanto, Danramil 01/Kota Kapten Inf Totok Sumaryoto, Kapolsek Sidorejo AKP Harjan Widodo beserta jajaran, beserta jajaran Kecamatan Sidorejo, perwakilan Ketua RW se Kecamatan Sidorejo di halaman Kantor Kecamatan Sidorejo, Rabu (20/02/2019). (Foto: Dok. Humas Polres Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Polres Salatiga terapkan sinergi menyeluruh dalam persiapan Persiapan Pengamanan Pilpres Tahun 2019 agar dapat berjalan lancar, aman, damai dan sejuk. Salah satu wujud sinergi tersebut terlihat dalam Apel Kenthongan di halaman kantor Kecamatan Sidorejo, Rabu (20/02/2019).

Disampaikan oleh Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Joko Lelono dalam release kegiatan Apel Kenthongan pada beritaglobal.net, amanat Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, disampaikan oleh Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya, S.Sos., dihadapan peserta yang hadir antara lain Camat Sidorejo Guntur Junanto, Kapolsek Sidorejo AKP Harjan Widodo, Kasat Binmas Ahmad Basirun, Kanit Sabhara Polsek Sidorejo Iptu Budi Utama, Danramil Kota Kapten Inf Totok Sumaryoto, Lurah jajaran Kecamatan Sidorejo, Ketua RT/RW se-Kecamatan Sidorejo serta enam puluh peserta baik dari TNI, Polri dan (Aparatur Sipil Negara) ASN Kecamatan Sidorejo menyampaikan, bahwa Apel Kenthongan di wilayah Kecamatan Sidorejo dalam rangka  persiapan pengamanan Pilpres dan Pileg tahun 2019.

"Situasi Kamtibmas menjelang Pemilu sangat perlu diperhatikan, hal tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja namun tanggung jawab masyarakat semua dan Siskamling adalah satu kesatuan yang meliputi komponen yang saling bergantung yang berhubungan dan saling mempengaruhi, agar dapat menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan," ungkap Kompol Kristanto menyampaikan amanat Kapolres Salatiga.

Kemudian Kompol Kristanto mengajak untuk semua unsur yang hadir dalam Apel, kembali mengaktifkan Siskamling, "Untuk itu mari kita bersama - sama menghidupkan Siskamling di lingkungan kita, dengan terselenggaranya Apel Kenthongan ini diharapkan tergugah hatinya untuk bersama - sama baik pemerintah dalam hal ini aparat pemerintah agar sengkuyung menghidupkan siskamling, dengan kebersamaan kita akan menghasilkan yang terbaik dalam hal keamanan lingkungan yang aman dan nyaman, sehingga nanti dalam menjelang maupun sesudah pemilu tahun 2019 situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan sejuk dapat tercapai," kata Kompol Kristanto.

Wakapolres saat menyampaikan amanat Kapolres Salatiga, juga menyinggung akan adanya peristiwa teror pembakaran kendaraan bermotor bermotor di beberapa wilayah di Jawa Tengah.

"Polres Salatiga telah mengupayakan sistem keamanan sehingga hal tersebut tidak sampai merembet ke wilayah Kota Salatiga, namun tetap perlu peran serta masyarakat agar kondusifitas Kota Salatiga tetap terjaga dengan media dan sumberdaya yang dimiliki, seperti kenthongan yang masih sangat efektif sebagai sarana komunikasi, selanjutnya diharapkan setiap wilayah agar ada Portal (one way one out) serta upayakan pemasangan CCTV dan yang paling utama adalah meningkatkan Siskamling," jelas Wakapolres.

Acara diakhiri dengan penyerahan sejumlah kenthongan secara simbolis kepada perwakilan Ketua RW se-Kecamatan Sidorejo dan pemukulan kenthongan secara serempak di depan Kantor Kecamatan Sidorejo.

Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto menegaskan, " Mohon semua informasi ini dapat disampaikan kepada masyarakat, bahwa Polres Salatiga akan bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat untuk Pemilu 2019 dapat berjalan lancar, aman dan kondusif," tandas Kompol Kristanto. (Agus S/Red)