Babinsa Sahabat Anak, Berbagi Peran Mendidik Siswa SDN 1 Kandangan -->

code ads

Babinsa Sahabat Anak, Berbagi Peran Mendidik Siswa SDN 1 Kandangan

Monday, February 18, 2019
Sertu Heri R Babinsa Koramil 13/Bawen Kodim 0714/Salatiga, saat memberikan pengarahan baris berbaris kepada siswa kelas 3 SDN 1 Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (19/02/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, beritaglobal.net - Babinsa Kandangan Koramil 13/Bawen, Kodim 0714/Salatiga Sertu Heri Rofiudin, merupakan salah satu Babinsa yang bisa membaur di semua elemen masyarakat di desa binaannya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan melalui Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta kepada beritaglobal.net, Selasa (19/02/2019), bahwa Babinsa merupakan garda terdepan Kodim dalam menjalankan tugas dan fungsi TNI menjaga pertahanan keamanan negara dari tingkat terbawah, yaitu Desa.

"Babinsa adalah garda terdepan dari Kodim dalam tugas teritorial pertahanan keamanan dari tingkat terbawah, yaitu Desa," ungkap Letkol Inf Prayoga Erawan seperti ditirukan Pelda Yudha.

Ditambahkan oleh Pelda Yudha, mengenai aktivitas Babinsa Kandangan Sertu Heri, selain mengawal program pertanian, Sertu Heri juga aktif di bidang pendidikan. "Selain bertani, Sertu Heri juga aktif di bidang pendidikan. Seperti yang dilakukan pagi tadi, dia bersama siswa/siswi SDN 1 Kandangan, melakukan jalan sehat bersama, saat berlangsung mata pelajaran PJOK," imbuh Pelda Yudha.

Atas ijin dari guru Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan (PJOK) SDN 1 Kandangan, Rusman, Sertu Heri mengajak siswa/siswi kelas 3 SDN 1 Kandangan untuk refresing sekaligus berolah raga jalan sehat.

"Sebelum melaksanakan jalan sehat, Sertu Heri R memberikan arahan sekaligus pemanasan yang tujuannya untuk menghindari cedera selama melaksanakan jalan sehat," jelas Peldha Yudha.

Sertu Heri R sesekali membetulkan barisan para siswa/siswi agar nantinya saat berjalan bisa lebih tertib. Siswa-siswi kelas 3 SDN Kandangan 1 sejumlah 32 orang, selalu mentaati aturan yang disampaikan oleh Sertu Heri.

Salah satu siswi yang bernama Riska bertanya, "Pak babinsa kenapa kok harus pemanasan dulu sebelum jalan sehat?", tanyanya saat dibimbing Sertu Heri.

Pertanyaan tersebut dijawab dengan sabar oleh Sertu Heri, "Pemanasan sangat diperlukan sebelum kita melaksanakan olah raga apapun, karena bertujuan untuk menyiapkan urat - urat dan persendian tulang kita agar tidak kaget saat pelaksanaan olah raga. Begitu juga setelah melaksanakan jalan sehat nanti kita akan melaksanakan pelemasan agar urat - urat dan persendian kita bisa kembali normal setelah kita buat berjalan," jelas Sertu Heri seperti releas dari Pendim 0714/Salatiga.

Memberikan pembelajaran pada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, sudah lama dilakukan Sertu Heri, di wilayah binaannya secara bergantian. "Hal seperti ini dilakukan untuk menjalin dan memupuk semangat dan solidaritas antara TNI dan para siswa/siswi sekaligus sebagai moment untuk saling berkomunikasi," ungkap Pelda Yudha.

Selain olah raga bersama, Sertu Heri juga diberikan kesempatan oleh para guru SD dan SMP untuk mengisi materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara.

"Secara umum para guru sekolah mengucapkan terima kasih kepada Sertu Heri, yang telah menyempatkan sebagian waktunya untuk memberikan motivasi yang positif kepada para siswa/siswi, dengan harapan, dimasa mendatang bisa mencetak para generasi yang berguna bagi Nusa dan Bangsa," pungkas Pelda Yudha. (Vitri B Prabawani)


Sumber: Pendim 0714/Salatiga