Karya Bakti TNI, Sinergi Koramil 11/Jambu Dalam Nuansa Berbagi -->

code ads

Karya Bakti TNI, Sinergi Koramil 11/Jambu Dalam Nuansa Berbagi

Friday, February 1, 2019
Jalannya Karya Bakti seluruh elemen masyarakat, TNI, Polri dan Pemerintah Kecamatan Jambu di Dusun Sadang, Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jumat (01/02/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, beritaglobal.net - Datangnya musim penghujan, menjadikan beberapa wilayah kerja Kodim 0714/Salatiga mempunyai potensi bencana alam banjir dan tanah longsor. Dalam upaya mencegah adanya banjir dan tanah longsor, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jambu, cancut tali wondo (secara sigap-red), mengadakan kerja bakti masal, Jumat (01/02/2019).

Target karya bakti masal kali ini adalah pembersihan selokan - selokan dari sampah yang berpotensi menimbulkan bahaya banjir, diawali di Dusun Sadang, Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.

Disampaikan oleh Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta kepada beritaglobal.net, karya bakti serentak di wilayah Desa Genting, dihadiri oleh Camat Jambu Edi Sukarwo, Danramil 11/ Jambu Kapten Inf Qodir, Wakapolsek Jambu Ipda Junaidi, Kepala Desa Genting terpilih Muklasin.

Karya bakti tersebut diikuti oleh setidaknya 150 orang dari berbagai elemen masyarakat,  diantaranya Koramil 11/Jambu, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan jambu, jajaran Polsek Jambu, serta warga sekitar yang dengan semangat tinggi, dan kepedulian akan kebersihan lingkungan mereka.

Menirukan ungkapan Danramil 11/Jambu Kapten Inf Qodir, Pelda Yudha menyampaikan bahwa aksi yang didukung oleh masyarakat ini adalah bentuk kesadaran masyarakat bahwa kebersihan sebagian dari iman.

"Karena mereka sadar betul bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman," ungkap Kapten Inf Qodir melalui Pelda Yudha.

"Selain mencegah bencana banjir dan tanah longsor, karya bakti bersama masyarakat, akan memupuk tali silaturahmi dan sinergi antar pejabat pemerintah Kecamatan Jambu, masyarakat umumnya, termasuk juga Koramil dan Polsek Jambu, serta lebih mempererat hubungan seluruh elemen, bahkan ada pepatah tak kenal maka tak sayang," imbuh Kapten Inf Qodir seperti ditirukan oleh Pelda Yudha.

Kepala Desa Genting terpilih Muklasin, saat dikonfirmasi terpisah mengungkapakan rasa gembira atas terselenggaranya karya bakti masal tersebut.

"Kami atas nama masyarakat Desa Genting, sangat senang dan bersyukur akan adanya karya bakti masal ini, kami harapkan kegiatan dapat menular ke lain desa," ungkap Muklasin.

Ditambahkan oleh Pelda Yudha, bahwa Camat Jambu Edi Sukarwo yang turun tangan dalam karya bakti tersebut, dengan penuh semangat ikut memungut dan mengumpulkan sampah - sampah yang ada.

"Kegiatan seperti ini juga bisa menjalin kesatuan antar warga sebagai wujud implementasi dari Bhineka Tunggal Ika Tanhana Dharma Mangrua," ungkap Edi Sukarwo ditirukan oleh Pelda Yudha. (Vitri Prabawani/Fera Marita)