Karya Taruna AKMIL Pada Gelaran IIET Expo 2019 di JCC -->

code ads

Karya Taruna AKMIL Pada Gelaran IIET Expo 2019 di JCC

Friday, February 15, 2019
Suasana stand Pertahanan Keamanan untuk TNI AD di IIET Expo 2019 di JCC, Jakarta, Jumat (15/02/1019). (Foto: Dok. Penhumas Akmil)
Jakarta, beritaglobal.net – Pada gelaran pameran Pendidikan ke - 28 bertajuk Indonesia International Education & Training (IIET) Expo 2019, yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, berlangsung sejak tanggal 14 sampai 17 Februari 2019 mendatang, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) ini, Akademi Militer TNI AD Magelang, mengirimkan delegasi Taruna Akmil, untuk turut ambil bagian bergabung dengan stand TNI Angkatan Darat.

Seperti release dari Penhumas Akmil kepada beritaglobal.net, Sabtu (16/02/2019), bahwa tim Akmil yang dipimpin langsung oleh Kapenhumas Akmil Letkol Inf M. Zulnalendra Utama tersebut, terdiri dari para Taruna tingkat III dan Tingkat II serta didukung oleh Perwira Pendamping dan beberapa personel pendukung pameran.

Sejak hari pertama dibukanya IIET Expo 2019 di JCC, stand dari jajaran Pertahanan dan Keamanan, khususnya stand Angkatan Darat yang didalamnya termasuk para Taruna Akmil sudah mulai dibanjiri pengunjung, setelah tercatat lebih dari seribu seratus pengunjung.

Seorang Taruni Akmil Magelang, memberikan penjelasan kepada pelajar yang mengunjungi stand jajaran Pertahanan dan Keamanan, di IIET Expo 2019, JCC - Jakarta, 14 - 17 Februari 2019. (Foto: Dok. Penhumas Akmil)
Menginjak hari ke 2 pada Jumat (15/02/2019) kemarin, hingga sekira pukul 11.00 WIB, pengunjung semakin bertambah jumlahnya tercatat diatas kisaran angka 650 an pengunjung yang menyambangi stand dari jajaran pertahanan dan keamanan. Mereka yang datang didominasi dari kalangan pelajar, baik SMU/SMK, dari kalangan mahasiswa maupun akademisi, seperti dosen dan guru.

Aktifitas para Taruna Akmil sebagai tim pemandu saat memberikan penjelasan kepada pengunjung, disambut antusias dan perhatian seksama oleh puluhan hingga ratusan pelajar. Mereka bertanya bagaimana tata cara masuk menjadi Taruna Akmil dan persiapan apa saja yang harus disiapkan mulai dari saat sekarang. Tidak ketinggalan mereka juga melihat - lihat koleksi foto kegiatan Taruna Akmil, dan menyempatkan untuk berfoto selfie dengan para Taruna Akmil.

Seperti Ertrio dan Isnanto, dua pelajar kelas 12 dari SMAN 67 Jakarta, mengaku gembira dan terbantu dengan adanya stand TNI AD yang menyajikan berbagai informasi gambaran tentang pendidikan militer di Pameran Pendidikan ini. Mereka ingin masuk menjadi Prajurit TNI dan akan menghadapi tes rekruitmen prajurit tahun depan. Mereka ingin tahu cara dan hitungan pull up yang benar, cara untuk meningkatkan kemampuan fisik, tentang tes psikologi, tes buta warna dan lain - lain.

Tak melulu kaum adam yang mengunjungi stand ini, Stevi Manam, pelajar perempuan asal Jayapura yang bersekolah di SMA Adria Pratama Mulya, mengatakan bahwa motivasinya mengunjungi stand TNI AD dan Akmil adalah untuk mewujudkan cita - citanya menjadi Kowad. “Saya dan teman-teman ingin tahu tentang dunia militer, dan saya dapat banyak ilmu baru dari bapak dan ibu tentara serta mas Taruna. Salah satunya, saya jadi paham bahwa menjadi prajurit, dibutuhkan fisik yang kuat dan prima, lalu otak juga harus cerdas. Harus seimbang lah pokoknya,” terangnya ceria.

Cerita ketiga pelajar ini seakan mewakili isi hati ratusan pelajar lain yang memenuhi stand pameran TNI AD dan Akmil. Yang menarik, ketiganya juga mengungkap kekaguman terhadap para pemandu stand TNI AD.

Mereka merasa puas dengan pelayanan dari para pemandu yang selalu memberikan informasi tentang rekruitmen dan mekanisme masuk menjadi calon anggota prajurit TNI AD secara lengkap. Harapan mereka agar stand TNI AD, khususnya Akmil selalu hadir dalam pameran pendidikan semacam ini. “Peminat yang mau masuk TNI sangat banyak, jadi stand TNI harus ada terus tiap tahunnya, itu harapan kami,” tutup Isnanto.

Berdasar data dihimpun beritaglobal.net, acara IIET Expo 2019 di JCC Jakarta di dukung pula oleh Kemenristekdikti, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemda DKI, dan lembaga pendidikan swasta dalam memberikan alternatif pilihan perguruan tinggi kepada siswa/siswi tingkat SLTA/SMK. (*)



Dilaporkan oleh kontributor Magelang: Eko Triyono
Editor: Fera Marita
Sumber: Penhumas Akmil Magelang