Orientasi Koptar Akmil Mengacu Pada Tri Pola Dasar Pendidikan -->

code ads

Orientasi Koptar Akmil Mengacu Pada Tri Pola Dasar Pendidikan

Saturday, February 2, 2019
Penyematan tanda peserta orientasi secara simbolis oleh Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, di Lapangan Sapta Marga Akmil, Magelang, Jumat (01/02/2019). (Foto: Dok. Penhumas Akmil)

Magelang, beritaglobal.net - Pembukaan masa orientasi Kopral Taruna (Koptar) Akademi Militer di Lapangan Sapta Marga Akmil, dibuka oleh Wakil Gubernur Akademi Militer (Akmil) Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, mewakili Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Jumat (01/02/2019).

Upacara pembukaan masa orientasi Koptar Akmil, dihadiri para Pejabat Distribusi dan Para Kab anak Akmil serta Pengasuh dan Pelatih. Dengan peserta 295 orang Taruna/Taruni Akmil Tingkat I.

"295 taruna tersebut terdiri dari 277 orang Taruna dan 18 orang Taruni, Mereka mengikuti Masa Orientasi selama dua hari dimulai Jumat hingga hari Sabtu, 1-2 Februari 2019," jelas Kapenhumas Akmil Letkol Inf Zulnalendra Utama kepada beritaglobal.net.

Masa orientasi ini, bertujuan untuk mengenalkan kepada Taruna dan Taruni yang baru masuk ke Akademi  Militer tentang kehidupan Korps Taruna/Taruni yang sehat, kreatif dan dinamis. Kegiatan orientasi juga bertujuan untuk memupuk dan menanamkan kebanggaan dan rasa memiliki terhadap Akademi Militer, sehingga akan membangkitkan kesadaran dan motivasi yang tinggi selama menempuh pendidikan di Akmil.

"Selain itu, hal ini menjadikan bekal awal terhadap pola pendidikan yang akan ditempuh dan dilaksanakan para Koptar di Akademi Militer dengan berpedoman kepada Tri Pola Dasar Pendidikan (Bidang Sikap dan Prilaku, Bidang Akademis, Bidang Jasmani)," imbuhnya.

Adapun materi kegiatan Masa Orientasi Taruna dan Taruni diawali dengan Upacara Pembukaan, dilanjutkan pengibaran bendera orientasi di puncak Tidar, pengenalan alat Lokananta, temu taruna senior, pengenalan tata cara makan di ruang makan, pengenalan peraturan khusus taruna (Perkhustar), Pendadakan, Orientasi Tidar Pisangan serta di akhir kegiatan Masa Orientasi, yaitu pemilihan keluarga asuh dan dilanjutkan Upacara Penutupan masa Orientasi. (*)


Dilaporkan oleh kontributor Magelang: Eko Triyono
Editor: Fera Marita