Ringankan Beban Warga Binaan, Babinsa Desa Gogodalem Turut Bersihkan Material Tanah Longsor -->

code ads

Ringankan Beban Warga Binaan, Babinsa Desa Gogodalem Turut Bersihkan Material Tanah Longsor

Sunday, February 3, 2019
Salah satu personel Babinsa Koramil 04/Bringin tampak bersama - sama warga Dusun Mengger membersihkan material tanah longsor yang terjadi Kamis (31/01/2019) sore. (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, beritaglobal.net - Peristiwa longsor yang terjadi Kamis (31/01/2019) lalu, tepatnya di Dusun Mengger, Desa Gogodalem, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, menyisakan material tanah dari tebing yang longsor dan menimpa rumah salah seorang warga setempat.

Menyaksikan kesulitan yang dialami oleh warga dusun di wilayah binaannya, Komandan Ramil 04/Bringin Kapten Kav Sudarto, bersama - sama dengan jajarannya serta masyarakat setempat, bergotong royong membersihkan sisa material tanah dan membantu memperbaiki rumah Sayuti, salah satu warga Dusun Mengger yang tertimpa tanah longsor.

Disampaikan oleh Pendim 0714/Salatiga Pelda W. Yudha W., kepada beritaglobal.net, Minggu (03/02/2019) siang, tingginya curah hujan menyebabkan tebing setinggi 15 meter dengan panjang 15 meter longsor, serta menimpa sebagian bangunan rumah Sayuti dan sempat menutup badan jalan dusun setempat.

"Peristiwa ini terjadi setelah hujan beberapa hari berturut - turut dengan intesitas yang tinggi, sehingga tebing setinggi 15 meter dan panjang 15 meter, longsor. Tanah yang longsor menimpa sebagian bangunan rumah Sayuti dan sempat menutup badan jalan dusun setempat," ungkap Pelda Yudha.

"Gotong royong membersihkan sisa material longsor dan perbaikan rumah bapak Sayuti, dimulai sejak Jumat (01/02/2019) lalu dengan melibatkan anggota masyarakat setempat, jajaran Koramil 04/Bringin dan juga jajaran Polsek Bringin," imbuhnya.

Pasca peristiwa ini, saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Danramil 04/Bringin Kapten Kav Sudarto, menghimbau kepada seluruh warga di wilayah Kecamatan Bringin untuk lebih waspada, terhadap potensi bencana alam, salah satunya tanah longsor.

“Masyarakat harus tetap berhati - hati dengan segala kemungkinan terjadinya bencana pada musim hujan dengan cuaca ekstrem seperti ini,”  ungkap Danramil 04/Bringin Kapten Kav Sudarto. (Fera Marita)