Yang Muda Yang Berkarya, Dua Bersaudara Wirausahawan Kreatif Salatiga -->

code ads


Yang Muda Yang Berkarya, Dua Bersaudara Wirausahawan Kreatif Salatiga

Monday, February 18, 2019
Hana Nonik sebagai pemilik Crown di Jalan Monginsidi, Salatiga, memerkan koleksi tas hasil karyanya bersama suami. (Foto: Dok. istimewa/VIP)

Salatiga, beritaglobal.net
- Dua bersaudara yang tinggal di Jalan Monginsidi ini adalah sosok - sosok tangguh, inovatif dan kreatif menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Mereka adalah Surya (37) dan Satya (27). Keduanya merupakan putra seorang pensiunan guru SMA Negeri 2 Salatiga, Budiyani, yang dulu juga menjadi walikelas Walikota Salatiga H. Yulianto, S.E., M.M.

Surya merupakan pengusaha dibidang fashion khususnya tas dan dompet. Rumah tinggal mereka di Jalan Monginsidi Salatiga, disulap sebagai outlet produk tas dan dompet hasil desain serta produksi mereka sendiri dengan mengusung merk 'CROWN'. 

Bersama sang istri, Hana Nonik, Surya memulai usahanya di Salatiga sekitar 2,5 tahun yang lalu. Dengan mengusung desain yang simple namun elegan, Crown membidik pasar low end, pelajar dan mahasiswa. Namun, meski dijual dengan harga murah kualitas Crown sangat unggul.

"Dari desain, pemilihan bahan kita turun tangan sendiri. Bahan yang kita pakai ada yang import ada juga yang buatan lokal. Untuk harga memang kita bikin murah karena sasaran kita pelajar dan juga mahasiswa. Tapi kualitas produk kita tidak kalah dengan yang harganya mahal," papar Hana Nonik atau yang lebih akrap disapa Nonik kepada beritablobal.net belum lama ini.

Lain halnya dengan sang kakak, Satya (27), anak muda yang menyukai dunia kuliner khususnya kopi dan monjito ini membangun usaha di bidang minuman. Semua minuman sudah pernah dicobanya, mulai dari kopi, monjito dan soft drink. Namun hasilnya masih belum memuaskan lajang yang juga bungsu dari 3 bersaudara ini.

Sampai akhirnya dia tertarik dengan cheese tea yang sedang nge-hits dikalangan anak muda. Berbekal dengan tehnik barista yang pernah dipelajarinya secara otodidak, Satya menggandeng brand Sel - Sel dari Surabaya yang sudah punya nama di bidang penjualan cheese tea. 

Kini sebuah kedai cheese tea Sel Sel yang mungil dan Cozy dia dirikan di rumahnya di Jalan Monginsidi Salatiga, bersebelahan dengan outlet Crown milik sang kakak.

"Selain cheese tea, kita juga ada Thai tea dan berbagai minuman lain. Cheese tea sendiri ada dua varian rasa, green tea dan original. Keduanya sama-sama pakai topping cream cheese diatasnya," ujar Satya kepada beritaglobal.net. 

Kedua kakak beradik ini sudah membuktikan bahwa wirausaha bila ditekuni akan mendatangkan hasil yang luar biasa, selain bisa membuka peluang lapangan pekerjaan bagi orang lain tentunya. (Vitri/Fera)