19 SSK Satlinmas Se-Kabupaten Semarang Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 -->

code ads


19 SSK Satlinmas Se-Kabupaten Semarang Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019

Saturday, March 9, 2019
Dandim 0714 Letkol Inf Prayoga Erawan saat memberikan arahan dalam Apel Siaga dan gelar pasukan Satlinmas se Kabupaten Semarang, Satpol PP, Damkar dan Simulasi Sispamkota bersama Polri, TNI dalam rangka Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019, di Stadion Pandanaran Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (09/03/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Ungaran, beritaglobal.net - Pelaksanaan pemilihan umum legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden/wakil presiden (pilpres), 17 April 2019 mendatang, telah dipersiapkan matang oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Persiapan gelaran pileg dan pilpres tahun 2019, dititik beratkan pada persiapan pengamanan, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Semarang bersama dengan jajaran TNI/Polri, Sabtu (09/03/2019), di Stadion Pandanaran Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, telah berlangsung kegiatan Apel Siaga (Gelar Pasukan) Satlinmas se Kabupaten Semarang, Satpol PP, Damkar dan Simulasi Sispamkota bersama Polri, TNI dalam rangka Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

Apel siaga yang dipimpin langsung oleh Bupati Dr. H. Mundjirin, ES., Sp.Og., dan pimpinan pasukan apel Yulianto selaku Kasi Damkar Kabupaten Semarang. Hadir dan memberikan pengarahan kepada seluruh peserta apel diantaranya Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, S.H., Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayogaa Erawan, Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat S.I.K., M.H., M.M., Kapolres Semarang, Chamit, S.H., selaku Kasi Kejari Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Ir. H. Bambang Kusriyanto, Bsc, Ketua KPU Kabupaten Semarang Markup Asyadi, M.H., Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Muhammad Talkhis, S.Pd., Kepala Satpol PP Kabupaten Semarang Tadjudin Noor, jajaran kepala OPD Kabupaten Semarang, camat se Kabupaten Semarang, Kepala Desa se Kabupaten Semarang, tokoh agama,  tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Disampaikan oleh Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta kepada beritaglobal.net, Sabtu (09/03/2019), dalam memberikan arahannya, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan menyampaikan kebanggaannya pada seluruh personel Satlinmas Kabupaten Semarang, "Saya bangga kepada Linmas Kabupaten Semarang, walau Linmas tidak ada honor namun bisa berprestasi dan mampu bersemangat dalam melaksanakan tugas pengamanan kususnya di wilayah Kabupaten Semarang," kata Letkol Inf Prayoga Erawan dalam arahannya, seperti disampaikan oleh Pelda Yudha kepada beritaglobal.net.

Ditambahkan oleh Pelda Yudha, kebanggan Dandim terhadap personel Linmas adalah dalam peran serta Linmas turut serta dalam mengayomi masyarakat dalam pengamanan dengan penuh tanggung jawab.

"Tugas Linmas adalah tugas yang mulia, maka kita harus bangga Linmas turut serta dalam memberikan pengayoman pengamanan - pengamanan, laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab," imbuhnya.

Terkait pesta demokrasi, diharapkan oleh Dandim 0714/Salatiga, "Dalam pesta demokrasi nanti kita harapkan aman tertib dan tidak ada keributan - keributan, siapapun yang terpilih nanti adalah merupakan suatu anugerah dan mari kita bersama - sama untuk mengamankan Kabupaten Semarang tetap kondusif," harap Letkol Inf Prayoga Erawan.

Sebagai pemimpin apel, Bupati Semarang memberikan sambutan dan ucapan selamat dalam rangka memperingati HUT Satpol PP ke 69, Linmas ke 57 dan Damkar ke 100, "Semoga dengan bertambahnya usia menjadi momentum Satpol PP untuk meningkatkan kapasitas, integritas dan soliditasnya menegakkan Perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat khususnya menjelang Pemilu 2019," ungkap Mundjirin.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya apel siaga adalah untuk menyiapakan personil anggota Satpol PP, Damkar serta Linmas bersama TNI/Polri dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019. 

"Disamping mengetahui kesiapsiagaan personel Satpol PP, Linmas, TNI/Polri serta sinergitaw bersama KPU, Bawaslu dan partai pendukung, massa pendukung agar pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 pada tanggal 17 April 2019 nanti berjalan aman, lancar dan damai," imbuh Mundjirin.

Semua pihak diharapkan turut menjaga keamanan Pemilu 2019 dan harus siap dengan segala kemungkinan, baik dari unsur TNI/Polri, Satpol PP dan Linmas harus solid bekerja sama dan bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2019.

"Kepada jajaran TNI/Polri untuk mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Netralitas dan kemudian bila peristiwa lakukan tindakan secara proposional tidak berlebihan yang justru kontraproduktif. Apapun resikonya Pemilu 2019 harus berlangsung aman, damai, lancar, kompentesi sehat dan tidak boleh mengorbankan konflik yang menyebabkan perpecahan dan kesatuan bangsa," harap Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin, ES., Sp.Og.

Selepas Apel Siaga/Gelar pasukan selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan Latihan Pengamanan Unras dan Sispamkota tahun 2019 dalam rangka Operasi Mantab Brata 2018 Polres Semarang yang disaksikan oleh seluruh Satpol PP, Damkar dan seluruh Linmas se Kabupaten Semarang. (Vitri/Agus)