Dandim 0714/Salatiga Pimpin Upacara Pemakaman Kolonel INF (Purn) R. Sumardji -->

code ads


Dandim 0714/Salatiga Pimpin Upacara Pemakaman Kolonel INF (Purn) R. Sumardji

Saturday, March 2, 2019
Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan saat menjadi inspektur upacara pemakaman almarhum Kolonel Inf (Purn) R. Sumardji, di rumah duka di Jalan Tegalrejo Raya No. 16, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Sabtu (02/03/2019). (Foto: Dok. Pendim 0714/Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Kota Salatiga berduka dengan berpulangnya almarhum Kolonel Inf (Purn) R. Sumardji, di RSUD Salatiga hari Jum'at (01/03/2019), sekira pukul 16.35 WIB karena sakit. Almarhum adalah salah satu prajurit TNI yang telah banyak berperan dalam pembangunan di Kota Salatiga, meski banyak berkiprah di Kalimantan Barat, namun banyak peran almarhum untuk Kota Salatiga.

Sebagai penghormatan terakhir atas semua jasa - jasa almarhum, Komandan Kodim (Dandim) 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman almarhum dari rumah duka di Jalan Tegalrejo Raya No 16 RT 02 RW 02, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Kota Salatiga.

Dalam release Penerangan Kodim (Pendim) 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Yudha Widharta, terucap duka mendalam atas kepulangan almarhum ke hadirat Allah SWT, pada prinsip - prinsip teguh perjuangan dalam mewujudkan cita - cita bangsa dan negara.

"Upacara ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhum kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya. Dengan perasaan yang sangat berat, kita melepas kepergian almarhum, namun Tuhan Yang Maha Kuasa menghendaki demikian, kita sebagai umat beragama yang percaya Kepada kekuasaanNya. Maka harus dan wajib menerima dengan ikhlas setiap keputusan dan kehendak-Nya. Sebagai manusia biasa, dengan kepergian almarhum yang kita cintai, tentunya tidak luput dan rasa duka yang dalam, oleh sebab itu pada kesempatan ini saya selaku Inspektur Upacara dan atas nama seluruh teman sejawat almarhum, menyatakan bela sungkawa yang sedalam - dalamnya," isi sambutan Letkol Inf Prayoga Erawan seperti disampaikan Pelda Yudha kepada beritaglobal.net, Sabtu (02/03/2019).

Dilanjutkan oleh Dandim, "Dengan memanjatkan doa, semoga Tuhan YME, memberikan ketabahan, kesabaran serta bimbingan dan perlindungan kepada seluruh keluarga yang di tinggalkan. Dengan kepergian almarhum, berarti kita kehilangan seorang putra Bangsa yang baik, yang selalu memegang teguh prinsip - prinsip perjuangan dalam mewujudkan cita - cita bangsa dan negara. Suri tauladan almarhum sangat bermanfaat bagi kita yang masih hidup untuk melanjutkan pengabdian kita kepada negara dan bangsa," kata Dandim.

Diakhir kata sambutannya, Letkol Inf Prayoga Erawan menyampaikan permintaan maaf atas semua kekhilafan yang pernah di perbuat oleh almarhum semasa hidupnya. "Disamping itu kami menyadari, bahwa almarhum sebagai seorang manusia biasa, selama hidupnya tidak Iepas dari kekhilafan dan kesalahan.  Untuk itu saya mengajak hadirin berkenan melapangkan dada untuk memaafkan segala kesalahan almarhum selama hidupnya. Kepada keluarga almarhum, sekali lagi kami menyatakan bela sungkawa yang sedalam - dalamnya atas kepergian almarhum Kolonel Purnawirawan R. Sumardji yang kita hormati bersama. Akhirnya marilah kita semua mendoakan dan memohon kepada Tuhan YME, semoga kesalahan dan kekhilafan almarhum diampuni dan mendapat tempat yang layak disisiNya," pungkas Letkol Inf Prayoga Erawan melalui Pelda Yudha.

Selain jajaran TNI, Pemerintah Kota Salatiga yang diwakili oleh Wakil Walikota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si., turut mengucapkan bela sungkawa. "Atas nama pemerintah Kota Salatiga kami mengucapkan belasungkawa turut berduka cita atas kepergian almarhum, yang meninggal dunia di RSUD Salatiga hari Jumat (01/03/2019), sekira pukul 16.35 WIB karena sakit, pada usia yang cukup panjang 95 tahun. Beliau, almarhum menghabiskan waktunya di Kota Salatiga ini, kami dari pemerintah Kota Salatiga bangga kepada beliau almarhum yang di masa hidupnya pernah mengabadikan diri menjadi TNI AD,  Bupati di Sambas dan berbagai jabatan - jabatan lainnya yang pernah di jabat oleh almarhum. Kepada keluarga, agar di berikan ketabahan dan kesabaran serta bimbingan dan perlindungan untuk ikhlas tentang kepergian almarhun," ungkap Muh Haris.

Upacara pemakaman Kolonel INF (Purn) R. Sumardji, selain dihadiri oleh Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan dan Wakil Walikota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si., tampak hadir diantara pelayat Ketua DPRD Kota Salatiga M. Teddy Sulistio, S.E., Pasi Ops Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Untung Hardjanto, Pasi Ter Group 2 Kopassus Kapten Cpl Purwanto, Danramil 16/Tingkir Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Sumardi, Pasi Pers Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Carso, Sekda Kota Salatiga Drs. Fachruraji, Ketua LVRI Kota Salatiga H. Sukarjo, para Anggota Veteran Cabang Kota Salatiga, keluarga besar almarhum dan masyarakat sekitar.

Prestasi dan Jabatan Politik

Ditambahkan Pelda Yudha dalam releasenya, berbagai penghargaan dan jabatan politik yang pernah diraih almarhum diantaranya, Satya Lencana Sapta Marga 1951, Medali Sewindu Angkatan Perang RI 1954, Satya Lencana kesetiaan 1958, Satya Lencana Peristiwa Aksi Militer ke Satu 1958, Satya Lencana  Peristiwa Aksi Militer ke dua 1958, Tanda Jasa Pahlawan 1960, Piagam penghargaan ke staf TNI AD 1981, Surat Keterangan Tanda Lulus Komando (KKAD) 1954. Almarhum meninggalkan seorang istri, 4 orang. (ASB/Red)