Ini Beragam Tanggapan Adanya Rintisan Agrowisata Sitalang -->

code ads


Ini Beragam Tanggapan Adanya Rintisan Agrowisata Sitalang

Monday, March 25, 2019
Ujar Muryanto saat menyerahkan bantuan PT. Agric Amarga Jaya berjabat tangan dengan Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., di kawasan Agrowisata Sitalang, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, didampingi tim AAJ Peduli dan Ketua Gapoktan Prima Agung. (Foto: Dok. Humas Pemkot Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Telah diberitakan sebelumnya, wilayah Sitalang yang masuk Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, telah dijadikan rintisan Agrowisata di Kota Salatiga.

Rintisan agrowisata 'Pasar Tiban' yang diselenggarakan warga setempat setiap hari Minggu dan hari libur nasional, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kota Salatiga dan sekitarnya.

Baca juga: Aksi Tanam 1000 Bibit Pohon Dalam Rangkaian Acara HUT ke 2 Beritaglobaldotnet dan HUT ke 5 Harian7.com

Dalam acara peresmian yang dilakukan langsung oleh Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., pada Minggu (24/03/2019), kawasan Pasar Tiban Sitalang mendapat dukungan banyak pihak, salah satunya adalah dari PT. Agric Amarga Jaya.

Kepada beritaglobal.net, Senin (25/03/2019), Ujar Muryanto selaku Manager Operasional PT. Agric Amarga Jaya (AAJ), bahwa agrowisata ini baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Pasar Tiban Sitalang Kauman Kidul Titik Awal Agrowisata Kota Salatiga

"Beberapa hari lalu kami di info bahwa akan dibuka wisata agro Sitalang di daerah Pabelan. Namun ternyata masih di wilayah Kauman Kidul. Setelah kami diskusikan bahwa pengembangan desa wisata agro ini bagus untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan serta peningkatan pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya. Maka kami putuskan untuk mendukung pengembangan agrowisata ini, salah satunya adanya pasar agro Sitalang," ungkap Ujar.

Wujud bantuan dari PT. AAJ, sebagai salah satu perusahaan di Kota Salatiga yang peduli terhadap pemeliharaan lingkungan, membantu pengadaan tempat sampah untuk menjaga wilayah Sitalang tetap bersih dari sampah.

"Dimana dengan adanya pasar dan tempat wisata maka pastinya tempat bertemunya masyarakat. Sampah pastinya menjadi masalah yang tidak mudah. Oleh karena itu kami putuskan untuk membantu pengadaan tempat sampah agar bisa dimanfatkan. Hal ini agar keindahan, kebersihan tetap terjaga. Untuk itu, saat peresmian kemarin, kami juga mengirim tim AAJ Peduli untuk turut meramaikannya," tandas Ujar.

Selain PT. AAJ, beberapa waktu sebelumnya, dua portal media online harian7.com dan beritaglobal.net dalam rangka perayaan hari jadinya, melakukan aksi penanaman bibit pohon lebih kurang 800 batang. Aksi tersebut, bergandengan dengan Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen Sidak yang juga telah menjalin kemitraan dengan Gapoktan Prima Agung yang dipimpin oleh Agus Tohirin, dalam pengembangan Agrowisata Kauman Kidul.

Disampaikan oleh Ketua Perwakilan LAPK Sidak Kota Salatiga, Nizam melalui sekretarisnya Indra Widyatmoko, menyampaikan, "Kami merasa bangga dengan adanya rintisan Agrowisata ini, kami telah melakukan kerja sama program bersama Gapoktan Prima Agung yang dipimpin oleh bapak Agus Tohirin, sejak pertengahan tahun 2018 lalu. Kami bersama - sama telah mengajukan program pemberdayaan lingkungan hidup ke Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan RI," ungkap Indra.

Ditambahkan oleh Indra, bahwa awal kerjasama telah dimulai dengan program penanaman pohon bersama dengan dua media online di Kota Salatiga. Selanjutnya LAPK Sidak perwakilan Kota Salatiga akan mendampingi pengembangan Agrowisata dari dua aspek, yaitu pemberdayaan masyarakat dan advokasi hukum.

"Kami mulai kerja sama dengan penanaman pohon, artinya kita menanamkan benih yang baik kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. Dengan harapan alam semesta memberi dukungan atas semua upaya yang kita kerjakan untuk memberikan manfaat dan warisan yang baik pada anak cucu. Kami dari LAPK Sidak, berupaya memberikan pendampingan dalam hal pemberdayaan masyarakat dan advokasi hukum, karena dengan adanya Agrowisata nantinya bisa saja terjadi permasalahan hukum. Dimana masyarakat Kauman Kidul, sedikit trauma dengan adanya proses hukum yang tengah dialami beberapa pengurus Gapoktan Prima Agung," jelas Indra.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Salatiga, Drs. Sri Danujo, saat dikonfirmasi terpisah beritaglobal.net, Senin (25/03/2019) secara terpisah melalui pesan WhatsApp, mengatakan singkat, "Pasar Agrowisata Sitalang untuk melengkapi   kelurahan Kauman Kidul sebagai desa budaya dan tempat destinasi wisata Kota Salatiga," ungkap Sri Danujo singkat. (Agus S)