Penerjun Kopasus Latih Terjun Para Dasar 263 Taruna/Taruni Akmil -->

code ads


Penerjun Kopasus Latih Terjun Para Dasar 263 Taruna/Taruni Akmil

Wednesday, March 20, 2019
Latihan Terjun Para Dasar Taruna/Taruni tingkat IV Akmil di Lapangan Hitam Resimen Akmil, Jatijajar, Kabupaten Bandung, Rabu (20/03/2019). (Foto: Dok. Humas Akmil) 

Bandung, beritaglobal.net - Terjun payung merupakan salah satu materi pendidikan yang wajib diikuti oleh seluruh Taruna/Taruni Akmil. Hal ini karena saat mereka telah masuk di kesatuan TNI, harus siap bilamana ditugaskan masuk ke wilayah - wilayah konflik dengan cara terjun dari pesawat udara.

Berdasar pada release tertulis yang diterima beritaglobal.net dari dari Humas Akmil Lettu Nurul Muntaha, sebanyak 263 Taruna/Taruni ringkat IV Akmil, mengikuti Pendidikan Terjun Para Dasar di Lanud Suparlan, Batu Jajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (20/03/2019).

Lettu Nurul, menyampaikan sambutan Komandan Resimen Taruna (Danmentar) Akmil Kolonel Inf Ari Yulianto, "Taruna/Taruni Tingkat IV Akmil selesai melaksanakan terjun para di Batu Jajar Bandung di lapangan Hitam Resimen Taruna Akmil, pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2019," jelas Nurul.

Taruna/Taruni Akmil berlatih tehnik terjun dengan peralatan latihan di lapangan Hitam Resimen Akmil. 

Saat seluruh Taruna/Taruni mendarat di lapangan Resimen Hitam, Danmentar Akmil Kolonel Inf Ari Yulianto, memimpin Apel Penyambutan. Apel Penyambutan ini merupakan kehormatan untuk para Taruna selesai melaksanakan Pendidikan Dasar Para, sebagai gambaran bahwa nanti dinas di satuan menjadi kebanggaan dan kehormatan dalam melaksanakan tugas.

Ucapan syukur tidak lupa disampaikan oleh Danmentar, saat memimpin Apel Penyambutan, "Sejumlah 263 lengkap personel Taruna/Taruni memasuki Akademi Militer, selanjutnya diterima di Resimen Taruna, puji dan sukur segenap civitas Akmil dengan kembalinya Taruna tingkat IV dalam keadaan aman lengkap," ucap Danmentar Kolonel Inf Ari Yulianto.

Dalam release Lettu Nurul, disampaikan bahwa materi latihan Terjun Para Dasar yang di laksanakan para Taruna/Taruni, meliputi terjun tanpa perlengkapan, terjun tanpa Kontener (ransel/barang), terjun dengan konterner, terjun dengan konterner bersenjata, terjun malam, terjun gunung hutan, Wing Day.

Dalam latihan terjun Para Dasar Taruna/Taruni digembleng oleh pelatih terjun handal dari Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI AD. Keterlibatan penerjun handal Kopasus dalam latihan adalah bertujuan untuk mempersiapkan Taruna/Taruni melakukan terjun payung saat Wing Day dengan baik, terarah dan terencana. (Eko Triono)