Prodi Teknik Sipil Pertahanan Akmil Gandeng 2 Universitas Adakan Seminar Struktur Bangunan dan Pengaruh Daya Dukung Lahan -->

code ads


Prodi Teknik Sipil Pertahanan Akmil Gandeng 2 Universitas Adakan Seminar Struktur Bangunan dan Pengaruh Daya Dukung Lahan

Tuesday, March 12, 2019
Dr. Ir. Bambang Surendro, M.T., M.A., Dosen Teknik Sipil UNTIDAR, bersama salah satu mahasiswa UNTIDAR, dan Taruna Akmil berfoto bersama usai acara Seminar tentang Implikasi Kegagalan Struktur Bangunan dan Pengaruh Daya Dukung Lahan Pada Berbagai Kawasan di Indonesia, di Gedung Sumartal, Akmil, Magelang, Selasa (12/03/2019). (Foto: Dok. Penhumas Akmil)

Magelang, beritaglobal.net - Gandeng UGM Yogyakarta dan UNTIDAR Magelang, Prodi Teknik Sipil Pertahanan Akademi Militer bekerja sama dengan UGM Yogyakarta dan UNTIDAR, memprakarsai acara seminar tentang "Implikasi Kegagalan Struktur Bangunan dan Pengaruh Daya Dukung Lahan pada Berbagai Kawasan di Indonesia", di Gedung Sumartal Akademi Militer,  Magelang, Selasa (12/03/2019).

Akmil, UGM dan UNTIDAR, sebagai lembaga pendidikan tinggi yang sama - sama mempunyai kepentingan terhadap dunia pendidikan. Seminar ini, menghadirkan 3 orang narasumber, yaitu, Prof. Dr. Suratman, M.Sc., selaku Ketua Klinik Lingkungan dan Mitigasi Fakultas Geografi UGM, narasumber kedua, Prof. Ir. Teuku Faisal Fathani, S.T., M.T., Ph.D., IPM., selaku Direktur GAMA inaTEK dan Profesor Geoteknik Fakultas Teknik UGM, bertindak sebagai moderator Dr. Ir. Bambang Surendro, M.T., M.A., sebagai Dosen Teknik Sipil UNTIDAR.

Narasumber pertama Prof. Dr. Suratman, M.Sc., saat memberikan paparan materi seminar
Dalam release tertulisnya kepada beritaglobal.net, Selasa (12/03/2019), Penhumas Akmil Kapten Zulnalendra menyampaikan, pada acara pembukaan seminar, dibacakan sambutan Gubenur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman oleh Wagub Akmil Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E.

"Seminar merupakan suatu kegiatan yang sering dilaksanakan oleh masing - masing kampus guna menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa sehingga mahasiswa siap menghadapi tantangan tugas dan permasalahan ke depan yang semakin kompleks," ungkap Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., membacakan sambutan Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Ditambahkan lebih lanjut oleh Kapten Zulnalendra, latar belakang dari topik seminar, "Implikasi Kegagalan Struktur Bangunan dan Pengaruh Daya Dukung Lahan pada Berbagai Kawasan di Indonesia" ini, bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan sumber daya alam yaitu beraneka ragam karakteristik lahan dengan tanah yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai dengan Pulau Rote.

Hadir pada acara pembukaan seminar tersebut, para pejabat Distribusi Akmil, Taruna/Taruni Akademi Militer dan para mahasiswa/mahasiswa UNTIDAR Magelang.

"Gubernur meminta kepada para peserta seminar untuk memunculkan kreativitas pola pikir peserta dalam seminar kali ini, demi tujuan yang lebih luas lagi, yaitu membantu pemerintah dalam mengatasi dan mengantisipasi kegagalan struktur bangunan dan pengaruh daya dukung lahan pada berbagai kawasan di Indonesia," imbuh Zulnalendra.

Pada bagian akhir amanatnya Gubernur Akmil menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para narasumber, peserta dan seluruh panitia atas terselenggaranya Seminar Prodi Teknik Sipil Pertahanam Akademi Militer tahun 2019 ini. (Eko Triono)