Satu Personel Kodim 0714/Salatiga, Menjadi 1 dari 140 Kades Yang Dilantik Bupati Semarang -->

code ads

Satu Personel Kodim 0714/Salatiga, Menjadi 1 dari 140 Kades Yang Dilantik Bupati Semarang

Tuesday, March 5, 2019
Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin, ES., Sp.Og., saat melantik dan menyaksikan penandatanganan sumpah jabatan oleh salah satu Kades terpilih Pilkades serentak Kabupaten Semarang Desember 2018, di acara Pelantikan dan Pembacaan Sumpah Janji Kades di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Selasa (05/03/2019). (Foto: Dok. istimewa/RIE)

Ungaran, beritaglobal.net - 140 Kades terpilih dalam suksesi pemilihan kepala desa di wilayah Kabupaten Semarang pada 09 Desember 2018 lalu, resmi dilantik oleh Bupati Semarang, Selasa (05/03/2019) kemarin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kades terpilih pada proses pemilihan langsung 09 Desember 2018 lalu, serentak dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang.

Pelantikan yang dihadiri oleh Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin, ES, Sp.Og., Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, S.H., Dandim 0714 Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, S.I.K., M.H., M.M., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Sekda Kabupaten Semarang, jajaran Pimpinan OPD/SKPD Kabupaten Semarang, jajaran forkompincam se Kabupaten Semarang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang, dan Kepala Desa terpilih serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Semarang Mundjirin, mengucapkan selamat kepada Kades Terpilih yang hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. "Kepala Desa yang terpilih adalah yang terbaik diantara orang - orang baik yang maju dalam ajang Pilkades serentak 2018," ungkap Mundjirin.

Mundjirin berpesan, agar para Kepala Desa terpilih bisa mentaati dan berpegang teguh terhadap aturan yang tertuang dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pasal 26 Ayat (1). Didalamnya disebutkan empat tugas utama pemerintah desa antar lain yaitu, menyelenggarakan pemerintahan desa, menyelenggarakan pembangunan desa, melaksanakan pembinaan masyarakat desa dan memberdayakan masyarakat desa.

"Selain itu, agar Kepala Desa terpilih menjadi pemimpin bagi seluruh masyarakat. Kepala desa bukan milik keluarga, pendukung atau golongan apapun, oleh sebab itu kepala desa harus bisa berdiri di atas semua kepentingan, yaitu kepentingan masyarakat. Dan juga kepala desa harus rajin turun kelapangan, untuk memastikan semua program dan kegiatan tepat sasaran. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat terhadap kepala desa", tegasnya.

1 Prajurit Kodim 0714/Salatiga

Sementara itu dari 140 Kades terpilih, tampak 1 orang kades yang ternyata sewaktu proses pilkades masih aktif sebagai personel TNI, dari Kodim 0714/Salatiga. Atas ijin dari Pangdam IV/Diponegoro, Danrem 073/Makutarama dan Dandim 0714/Salatiga, Kopka Tri Wuryanto, maju mengikuti pilkades di Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan bersama Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, memberi ucapan selamat dan salam komando kepada Kopka Tri Wuryanto sebagai Kades terpilih Desa Tegalwaton, selepas dilantik oleh Bupati Semarang, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Selasa (05/03/2019). (Foto: Dok. Pribadi)

Terpilihnya Tri sebagai Kades, menorehkan kebanggan tersendiri dari seluruh rekan - rekan sejawatnya di Kodim 0714/Salatiga. Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan secara khusus mendatangi Tri dan memberi ucapan selamat seraya berjabat tangan komando.

"Kita patut berbangga dan mendukung semangat anggota yang mau mengabdikan dirinya pada pembangunan dan pembinaan masyarakat desa," ungkap Letkol Inf Prayoga Erawan kepada beritaglobal.net, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (05/03/2019).

Diharapkan oleh Letkol Inf Prayoga Erawan, kepemimpinan Kopka Tri di desanya, "Semoga dengan dilantiknya menjadi kades dapat membawa perubahan positif di desanya, dan bisa menjadi panutan bagi Kades yang lain dalam mengemban amanah dari warga desa setempat," harap Letkol Inf Prayoga Erawan. (RIE/ASB)