Seminar E-Government Bidang Administrasi, Prodi Administrasi Pertahanan Akmil Magelang Hadirkan Narasumber Dari Universitas Ternama

Iklan Semua Halaman

Seminar E-Government Bidang Administrasi, Prodi Administrasi Pertahanan Akmil Magelang Hadirkan Narasumber Dari Universitas Ternama

Wednesday, March 27, 2019
Jalannya seminar Prodi Administrasi Pertahanan Akmil Magelang tentang e-Government Bidang Administrasi, Rabu (27/03/2019). (Foto: dok. Penhumas Akmil Magelang)

Magelang, beritaglobal.net – Kerjasama dalam hal pengembangan pendidikan di Akademi Militer Magelang dengan menggandeng universitas - universitas ternama di tanah air, mendorong Program Studi Administrasi Pertahanan selenggarakan seminar sehari tentang e-Government Bidang Administrasi.

Seminar tersebut, mendatangkan Guru Besar Administrasi Publik dari Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo., M.P.P. Acara seminar sehari dengan mengambil tema, e-Government Bidang Administrasi Dalam Mendukung Ketahanan Nasional di Era Digital, di Gedung Leo Kailola Akademi Militer, Rabu (27/03/2019).

Pada seminar tersebut dihadiri oleh para Pejabat Distribusi Akmil, dengan peserta seminar selain Taruna/Taruni Akmil dari Prodi Administrasi Pertahanan, diikuti pula oleh mahasiswa dari universitas - universitas di wilayah Yogyakarta dan Magelang.

Dalam release Penhumas Akmil Lettu Nurul Muntaha kepada awak media, Rabu (27/03/2019), sebelum acara seminar dimulai, Gubernur Akmil, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadepsos Kolonel Inf Efdal Nazra, S.I.P., bahwa Akademi Militer sebagai salah satu lembaga pendidikan tingkat akademi memiliki peran penting dan strategis dalam melakukan pembaharuan secara sistematis dan berkelanjutan agar menghasilkan SDM yang bermutu, berkualitas dan memiliki daya saing kompetitif.

"Hal tersebut dapat dicapai apabila ditopang oleh manajemen organisasi yang terarah dan terintegrasi dalam sistem manajemen pembinaan Akademi Militer," ucap Kolonel Inf Efdal Nazra, membacakan sambutan tertulis Gubernur Akmil.

Pengembangan dan penataan organisasi secara terarah dan berkesinambungan merupakan kekuatan Akademi Militer dalam rangka menghasilkan lulusan Perwira Remaja TNI AD yang profesional dan memiliki pola pikir modern dan strategis dalam menghadapi persaingan global. "Akmil sebagai Center of Excellence berdasarkan tugas pokok dan visinya memiliki tugas untuk membentuk dan menyiapkan para Taruna/Taruni Akademi Militer agar menjadi Perwira TNI AD yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, profesional dan dicintai rakyat," imbuh Gubernur Akmil dalam amanat tertulisnya.

Atas dasar wacana tersebut, maka Akademi Militer melalui Prodi Administrasi Pertahanan bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta di wilayah Magelang yang sama - sama mempunyai kepentingan terhadap dunia pendidikan, memprakarsai acara seminar Prodi Administrasi Pertahanan Akademi Militer tahun 2019 kali ini.

Melalui acara seminar ini, diharapkan diperoleh suatu pokok - pokok pemikiran yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merumuskan konsep strategis dan komprehensif oleh TNI AD dalam bidang 'Elektronik Government'.

Pada seminar tersebut, menghadirkan tiga pakar akademisi, yaitu Guru Besar Administrasi Publik UGM, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo., M.P.P., sebagai Keynote Speaker, Deputi Kebijakan Pengembangan Kompetensi Dr. Muhammad Taufiq, DEA dari Lembaga Adminitrasi Negara Jakarta, Lektor Fakultas Ilmu Administrasi Dr. Hermawan, S.I.P., M.Sc., dari Universtitas Brawijaya Surabaya dan Jurnalis Radio Elshinta Semarang, Dias Senja Juniko, S.I.Kom. (Eko Triono)