1.417 Personel Satlinmas Akan Turut Menjaga 614 TPS di Salatiga -->

code ads


1.417 Personel Satlinmas Akan Turut Menjaga 614 TPS di Salatiga

Monday, April 15, 2019
Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., memeriksa seragam salah satu personel Satlinmas saat pimpin Apel luar biasa Satlinmas Kota Salatiga dalam pengamanan Pemilu 2019 di halaman Kantor Pemkot Salatiga. (Foto: dok. Humas Pemkot Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Satuan Tindak Cepat Penertiban Salatiga atau disebut dengan 'Siap Siaga'. Tugasnya adalah untuk melakukan reaksi cepat terhadap aduan masyarakat selama pelaksanaan Pemilu 2019, telah diluncurkan beberapa hari lalu oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto, S.E., M.M., di halaman Kantor Pemerintah Kota Salatiga.

“Saya harap agar dapat dikerjakan dengan cepat, sigap dan tepat sasaran. Jangan sampai saya mendengar aduan masyarakat jika dalam prakteknya, Siap Siaga ini datang terlambat,” ungkap Yuliyanto saat launching Siap Siaga.

Yuliyanto juga mengajak agar keberhasilan pelaksanaan pemilu 2019 dapat didukung bersama - sama. Tidak semata dari satu pihak saja, melainkan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk saling bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga kondusifitas wilayah di Kota Salatiga.

Dalam kesempatan ini, Walikota Salatiga didamping Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, S.S., M.Si., juga menyempatkan untuk mengecek pasukan Siap Siaga, yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, dan Pemadam Kebakaran.

Peran Satlinmas

Selain dari pada personel 'Siap Siaga', Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dituntut proaktif dan cepat mendeteksi kerawanan yang mungkin terjadi di dalam masyarakat. Hal ini sangat penting guna menjaga soliditas pelaksanaan Pemilu 2019 di kota Salatiga.

“Saya harap Satlinmas bisa proaktif, bisa mendeteksi, memperkuat komunikasi dan soliditas dalam menemukan potensi kerawanan selama pelaksanaan Pemilu. Kalau ada indikasi bisa cepat diredam dan dilaporkan,” terang Walikota Salatiga, Yuliyanto, S.E., M.M., saat memimpin apel luar biasa gelar pasukan Satlinmas Kota Salatiga sebagai persiapan pengamanan Pemilu tahun 2019, di halaman Kantor Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (13/04/2019).

Menurutnya, Satlinmas juga harus bisa menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu. Terlebih saat ini banyak hoax dan hate speech yang bisa berpotensi menimbulkan konflik dan merusak pelaksanaan Pemilu tersebut.

“Satlinmas harus netral, dalam arti bukan tidak memilih melainkan tidak boleh berpihak kepada siapapun,” jelasnya.

Satlimas juga harus bisa menghadapi tantangan tersebut dengan mencegah hal - hal rawan dan menjadi problem solver yang tidak berat sebelah dan mengedepankan musyawarah mufakat dalam penyelesaiaannya.

“Kepada 1.417 Satlinmas yang akan bertugas di 614 TPS yang ada di Kota Salatiga, Saya titip untuk menjaga kota ini dengan baik, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai,” ungkapnya. (Fera Marita)