Ajaib! Jatuh ke Dalam Jurang Gunung Sindoro, 4 Survivor Ditemukan Selamat -->

code ads


Ajaib! Jatuh ke Dalam Jurang Gunung Sindoro, 4 Survivor Ditemukan Selamat

Sunday, April 21, 2019
Proses evakuasi seorang survivor yang jatuh ke dalam jurang jalur pendakian Alang - Alang Sewu, Gunung Sindoro oleh tim Basarnas Unit Siaga Wonosobo, Sabtu (20/04/2019) malam. (Foto: dok. Basarnas Jateng)

Wonosobo, beritaglobal.net - Jalur pendakian Alang - Alang Sewu menuju puncak Gunung Sindoro, sudah terkenal di kalangan pecinta alam. Selain pemandangan yang indah, namun jalur Alang - Alang Sewu memiliki sisi ekstrim dengan jurang dalam menganga, sehingga memerlukan kehatian - hatian ekstra bagi para pendaki.

Ekstrimnya jalur Alang - Alang Sewu, seringkali memakan korban, seperti yang dialami oleh seorang pendaki gunung bernama Aulia Dhia (16), warga Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Sabtu (20/04/2019).

Berdasar pada pernyataan tertulis yang diterima beritaglobal.net dari Aris Sofingi selaku Kepala Basarnas Jawa Tengah, bahwa korban jatuh ke jurang jalur pendakian Alang - Alang Sewu Gunung Sindoro, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, dan berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan.

Aris Sofingi menceritakan kronologi musibah yang menimpa korban, pada Jum'at (19/04/2019), sekira pukul 20.30 WIB, korban bersama 3 orang survivor berangkat naik Gunung Sindoro, melalui jalur pendakian Alang - Alang Sewu. Sesampai di pos 4, para survivor tersebut  diduga mengalami kelelagan, sehingga kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke dalam jurang.

"Jadi Survivor hendak turun menuju Base Camp Alang - Alang Sewu, hari Sabtu (20/04/2019), sekira pukul 15.30 WIB. Namun sampai di pos 4 korban jatuh kejurang, diduga korban mengalami patah tulang belakang dan butuh evakuasi," ungkap Aris.

Tim SAR gabungan mengevakuasi korban dengan menggunakan tandu untuk selanjutnya dibawa ke RS PKU Muhammadiyah, Kretek, Wonosobo. (Foto: Basarnas Jateng)
Setelah menerima informasi tersebut, Kepala Basarnas Jateng memerintahkan kepada Koordinator Basarnas Unit Siaga Wonosobo, Heri Sunandar, sekira pukul 16.40 WIB untuk melakukan evakuasi dan pertolongan.

Secara terpisah saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Koordinator Basarnas Wonosobo, Heri Sunandar, menyampaikan, "Basarnas dan tim SAR gabungan dintaranya Polsek, Koramil, Base Camp Alang - Alang Sewu, bersama komunitas Pajero, melakukan pendakian dari pos 1 sampai pos 4 , setelah upaya pendakian pukul 20.40 WIB berhasil mencapai pos 4," ungkap Heri.

"Proses evakuasi pertolongan mengalami kendala curam dan gelapnya jalur pendakian yang harus dihadapi tim SAR gabungan, butuh waktu kurang lebih 3 jam dari pos 4 menuju Base Camp Alang - Alang Sewu," sambung Heri.

"Saat ini proses evakuasi sudah selesai korban selamat sampai Base Camp Alang - Alang Sewu selanjutnya survivor di bawa ke RS PKU Muhammadiah Kretek, Wonosobo untuk penanganan medis," pungkas Heri. (Fera Marita)