Basarnas Turut Siaga Pemilu 2019 di Jalan Raya Pantura -->

code ads


Basarnas Turut Siaga Pemilu 2019 di Jalan Raya Pantura

Monday, April 15, 2019
Aris Sofingi Kepala Basarnas Jateng memeriksa kelengkapan peralatan pada armada rescuer Basarnas Jateng jelang patroli arus lalu lintas di jalur pantura Jateng baik tol dan non tol jelang Pemilu 2019. (Foto: dok. Basarnas Jateng)

Semarang, beritaglobal.net - Basarnas Jateng menggelar patroli arus lalu lintas di jalur pantura Jateng baik tol maupun non tol jelang gelaran akbar pemilihan Presiden dan pemilihan anggota legislatif yang akan digelar pada tanggal 17 April mendatang.

Patroli yang akan digelar mulai Selasa (16/04/2019) sampai dengan Minggu (21/04/2019) tersebut melibatkan satu tim rescue mobile yang dilengkapi dengan peralatan pertolongan penanganan khusus kecelakaan.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Selasa (16/04/2019), Kepala Basarnas Jawa Tengah, Aris Sofingi, patroli ini diadakan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan arus kendaraan dari Jakarta yang hendak kembali ke Jateng.

"Sebagai antisipasi adanya peningkatan arus mudik masyarakat yang ingin melakukan pencoblosan dan juga liburan di kampung halaman, maka kami menggelar patroli ini" ungkap Aris Sofingi.

Seluruh persiapan Basarnas Jawa Tengah diharapkan mampu memberi kenyamanan kepada masyarakat yang melintasi Jateng.

"Kami mengharapkan masyarakat yang hendak mudik dan melakukan pencoblosan di kampung halaman akan merasa nyaman dan aman saat melintas di wilayah kerja kami," lanjut Aris.

Tim patroli ini nantinya akan dibekali peralatan extrikasi yang biasa digunakan untuk melakukan evakuasi bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan penanganan khusus.

Seperti kecelakaan yang mengakibatkan korban terjepit dan tidak bisa ditolong dengan cara biasa atau manual, maka Basarnas mensiagakan personil yang telah memiliki kemampuan vehicle accident rescue (VAR) didalam patroli mobile tersebut.

"Dan tentunya juga tim juga telah dibekali kemampuan Medical First Responder atau MFR, sehingga bila terjadi kecelakaan, tim bisa segera memberikan bantuan medis sementara" pungkas Aris. (Fera Marita)