Gubernur Akmil Bekali 360 Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tentang Pendidikan Karakter dan PDK -->

code ads


Gubernur Akmil Bekali 360 Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tentang Pendidikan Karakter dan PDK

Thursday, April 4, 2019
Mayjend TNI Dudung Abdurahman saat memberikan pemaparan di hadapan 360 Siswa/Siswi kelas SMA Taruna Nusantara, di Gedung Sumartal, Akmil Magelang, Kamis (04/04/2019). (Foto: dok. Penhumas Akmil)

Magelang, beritaglobal.net - Sebanyak 360 siswa/siswi SMA Taruna Nusantara kelas X, mengikuti pembekalan tentang pendidikan karakter dan pendidikan dasar kedisiplinan (PDK), di Gedung Sumartal, Akademi Militer, Magelang, Kamis (04/04/2019).

Disampaikan Penhumas Akmil Lettu Nurul Muntaha kepada beritaglobal.net, Kamis (04/04/2019), pembekalan disampaikan langsung oleh Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman.  Hadir pula dalam acara tersebut, pejabat Distribusi Akmil, Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara Brigadir Jenderal TNI (Purn) Soebagio, S.I.P., para Pamong, 16 orang Guru dan siswa/siswi Kelas X SMA Taruna Nusantara terdiri dari siswa putra 239 orang, siswi sebanyak 121 orang.

Perkenalan diri oleh Gubernur Akmil Mayjend TNI Dudung Abdurahman menjadi pembuka acara. "Nama saya Dudung Abdurachman, Pangkat Mayor Jenderal TNI, jabatan Gubernur Akmil, dengan pendidikan Akabri tahun 1988," ungkap Mayjend TNI Dudung.

Ditambahkan oleh Penhumas Akmil Lettu Nurul Muntaha, Mayjen TNI Dudung Abdurachman memaparkan, "Tanamkan rasa kebanggan dan syukur, bahwa untuk dapat menjadi Siswa/Siswi SMA Taruna Nusantara, tunjukkan prestasi optimal selama menjadi Siswa/Siswi SMA Taruna Nusantara. Selain itu, kalian juga harus membuktikan, bahwa kalian memang pantas menjadi Siswa/Siswi sekolah favorit di Indonesia yang menjadi idaman dan impian sebagian besar putra dan putri Indonesia," imbuh Lettu Nurul menirukan ucapan Mayjend TNI Dudung Abdurahman.

360 orang Siswa/siswi kelas X SMA Taruna Nusantara saat mengkuti pembekalan oleh Gubernur Akmil Mayjend TNI Dudung Abdurahman di Gedung Sumartal, Akmil Magelang. 
SMA Taruna Nusantara, dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikannya menggunakan konsep kurikulum yang terpadu, meliputi aspek sikap dan kepribadian (afektif), aspek logika, rasio dan analisa (kognitif) serta aspek keterampilan atau skill (psikomotorik).

"Dalam menghadapi era globalisasi, yang penuh dengan tantangan dan semakin berat serta kompleks, maka saat ini NKRI sangat membutuhkan pemimpin - pemimpin yang berkarakter, dengan visi yang jauh ke depan, sehingga sangat perlu bagi kalian untuk memotivasi diri guna memperoleh pembentukan karakater dan Pendidikan Dasar Kedisiplinan (PDK) yang akan kalian terima secara bertahap selama kalian menjadi Siswa/Siswi di SMA Taruna Nusantara," imbuh Mayjen Dudung.

Sebagai informasi tambahan, bahwa terdapat banyak sekali para senior Siswa/Siswi SMA Taruna Nusantara  yang masuk di Akademi Militer dan telah berhasil menunjukkan prestasi yang membanggakan.

"Prestasi alumni siswa/siswi SMA Taruna Nusantara terakhir diraih pada tahun 2018, yaitu Letnan Dua Inf Rovi Ardya Prawira, S.Tr. (Han), merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara dan berhasil meraih penghargaan 'Adhimakayasa' yang merupakan penghargaan tahunan kepada lulusan terbaik dari setiap Matra TNI dan Kepolisian, yaitu Matra Darat, Matra Laut, Matra Udara, dan Matra Kepolisian," ungkap Mayjend Dudung melalui Lettu Nurul.

Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek, yaitu akademis, jasmani, dan kepribadian. Sedangkan Letnan Dua Cku Dhian Kurnia Fitri merupakan lulusan terbaik Taruni dan memperoleh penghargaan 'Anindya Wiratama', keduanya juga memperoleh nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Cumlaude.

Mayjen TNI Dudung Abdurachman memberikan semangat kepada seluruh Siswa/Siswi Kelas X SMA Taruna Nusantara yang hadir di Gedung Sumartal. (Eko Triono)


Sumber: Penhumas Akmil