Kabupaten Semarang Expo 2019, Promosi Potensi UKM dan Rempah Unggulan Kabupaten Semarang -->

code ads


Kabupaten Semarang Expo 2019, Promosi Potensi UKM dan Rempah Unggulan Kabupaten Semarang

Thursday, April 25, 2019
Pemukulan gong oleh Bupati Semarang dr. H. Mundjirin, ES., SpOg., didampingi Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, Kadis Perindustrian dan UKM Prov. Jateng, Kadiskopumkmperindag Drs. Yoseph Bambang Trihardjono, Ny. Ngesti Nugraha , sebagai tanda dibukanya Kabupaten Semarang Expo di Alun - Alun Bung Karno, Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Kamis (25/04/2019). (Foto: dok. pribadi/ASB)

Ungaran, beritaglobal.net - Kabupaten Semarang EXPO, merupakan event tahunan dalam rangka mempromosikan semua potensi unggulan di Kabupaten Semarang serta mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Semarang, semua instansi, Pemda di Indonesia, OPD dan swasta di Kabupaten Semarang, serta Kementrian terkait.

Hal ini dalam rangka untuk mewujudkan sinergitas dengan antara program pemerintah pusat dan pemerintah daerah, untuk mencapai tujuan pembangunan Nasional.

Pembukaan Kabupaten Semarang Expo tahun 2019 ini, dilaksanakan di Lapangan Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/04/2019) sore. Kabupaten Semarang Expo 2019 dijadwalkan berlangsung hingga hari Senin (29/04/2019) mendatang.

Acara pembukaan Kabupaten Semarang Expo 2019 ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Semarang dr. H. Mundjirin, ES., SpOg, serta pemotongan pita di hal expo perdagangan.

Pemotongan pita peresmian Kabupaten Semarang Expo 2019 oleh Bupati Semarang dr. H. Mundjirin, ES., SpOg.
Dalam kata sambutannya, Mundjirin menyampaikan ucapan selamat datang pada seluruh tamu undangan yang hadir, dan mengucapkan selamat kepada Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DISKUMPERINDAG) yang telah menggelar Kabupaten Semarang Expo tahun 2019, dalam bahasa jawa.

"Monggo, kita semua bersama - sama memohon kepada Allah SWT, untuk kemajuan Kabupaten Semarang. Kita ingin mengembangkan produk - produk di UKM di Kabupaten Semarang dapat Go Internasional. Menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo, bahwa produk - produk bukan karena jumlahnya, tapi karena cepatnya penyebaran pemasaran produk hingga ke manca negara," imbuh Mundjirin.

Bupati Semarang mengharapkan dengan adanya Expo ini, produk - produk UKM, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Semarang dari sisi bisnis, investasi dan pariwisata.

"Kami harapkan bila UKM sudah berproduksi, dapat dibantu mendorong pengembangan, permodalan dan pemasaran, seperti halnya batik, beras lokal, dan produk - produk unggulan lainnya," tandas Mundjirin dalam akhir sambutannya, sebelum melanjutkan pemukulan Gong sebagai tanda dibukanya Kabupaten Semarang Expo tahun 2019.

Sementara itu, Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DISKUMPERINDAG) Kabupaten Semarang, Drs. Yoseph Bambang Trihardjono saat membacakan laporan pelaksanaan Expo, menyebutkan bahwa Kabupaten Semarang Expo 2019 ini adalah event yang ke 6, dan digelar untuk mempromosikan industri, perdagagan, bisnis, investasi, pariwisata, ekonomi kreatif, pelayanan publik, pertanian,kesehatan, pendidikan, multi produk, seni, kebudayaan dan juga memberikan kesempatan kepada industri ekonomi kreatif dan usaha kecil menengah, serta gerakan koperasi untuk memamerkan produk - produknya.

"Maksud dan tujuan penyelenggaraan Expo ini adalah memperkuat hubungan kerjasama antar daerah kabupaten dan kota, sektor swasta, komunitas seni, pelaku ekonomi krearif, wirausahawan, masyarakat serta akademisi. Mensosialisasikan dan publikasi program OPD Kabupaten Semarang, Kementrian, dan Badan Pemerintah dalam rangka menciptakan sinergi antara program pemerintah pusat dan daerah," ungkap Yosep.

Ditambahkan olehnya dengan acara ini akan tersaji informasi secara visual kualitas produk - produk unggulan daerah yang dapat menarik minat pasar. Sarana untuk kerjasama bisnis dalam wujud partisipasi semua elemen masyarakat untuk mempromosikan dan mendukung publikasi Kabupaten Semarang.

"Hal ini agar dapat memfasilitasi dan memberi akses perluasan pasar, informasi bagi seluruh peserta pameran, mendorong peran serta lembaga kementrian pusat dan Pemprov dalam mendukung pembangunan daerah, meningkatkan promosi dan pemasaran produk - produk UMKM dan Koperasi di Indonesia," terang Yosep.

Dirinya mengajak masyarakat Kabupaten Semarang untuk mengenal, melestarikan, mengembangkan dan mencintai produk khas Kabupaten Semarang untuk terbentuknya jejaring usaha baru dengan daerah lain.

Pembukaan Kabupaten Semarang Expo 2019 dihadiri oleh Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, Ketua Tim Penggerak PKK, Bupati/Walikota di wilayah Provinsi Jateng, jajaran Forkompinda Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Perwakillan Kementrian terkait, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Kepala Dinas yang membidangi Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan se Jateng, perwakilan perusahaan, perwakilan perbankan, tokoh masyarakat dan perwakilan ormas di Kabupaten Semarang. (Vitri B Prabwani/Agus S)