MCK di Jalur Irigasi Progo Manggis Ditertibkan -->

code ads


MCK di Jalur Irigasi Progo Manggis Ditertibkan

Tuesday, April 2, 2019
Proses penertiban MCK di Jalur Irigasi Progo Manggis Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yang masuk dalam pengelolaan BBWSSO Yogyakarta, Selasa (02/04/2019). (Foto: Dok. Humas BBWSSO)

Mungkid, beritaglobal.net - Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Yogyakarta, dalam rangka peringatan hari air sedunia XXVII tahun 2019 dengan mengusung tema 'Semua Harus Mendapatkan Air', dengan serangkaian acara diantaranya adalah penertiban tempat Mandi Cuci Kakus (MCK).

Acara penertiban MCK dari BBWSSO Yogyakarta, pada Selasa (02/04/2019) kali ini, dilakukan di jalur Irigasi Progo - Manggis Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, dengan jumlah penertiban sebanyak 8 unit MCK milik warga setempat.

Acara dimulai pada sekira pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh Bambang Sumadyo Bowo Laksono, S.H., selaku  Penyidik PNS Bidang SDA KemenPUPR.  BBWSSO, Aman, S.Sos., M.Kes., Kepala Bidang Kemitraan Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Ir. Duki Subagyo, S.H., M.H., selaku Kasubag Keuangan dan Umum BBWSSO Yogyakarta, Danramil 05/Secang diwakili oleh Batuud beserta 5 orang anggota, Kapolsek Secang beserta 5 orang anggota, Camat Secang diwakili Oleh Endrianai Widyastuti, 10 personel Satpol PP Kabuapten Magelang, Kepala Desa Payaman beserta tokoh agama dan  tokoh masyarakat Desa Payaman.

Dalam sambutannya sewaktu membuka acara tersebut, Ir. Duky Subagio, S.H., M.H., menyampaikan, "Irigasi adalah usaha penyediaan air, pengaturan air, untuk menunjang pertanian untuk mendukung ketahanan pangan. Maka BBWSSO Yoqyakarta, telah menertibkan 8 mck, yang berada di saluran irigasi Progo Manggis, Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang," ungkap Duky.

Dilanjutkan Duky, "Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar tidak membuang limbah rumah tangga di saluran irigasi. Agar irigasi berfungsi sebagaimana mestinya, agar saluran irigasi kelihatan bersih dan indah," imbuh Duky.

"Penertiban ini akan di lakukan secara bertahab di mulai dari hal yang paling  kecil dulu pembongkran MCK. Selanjutnya akan ditertibkan pula bangunan - bangunan liar yang berdiri di sempadan saluran Irigasi Progo Manggis di Kabupaten/Kota Magalang," tandas Duky. (Eko Triono)