Serabi Ngampin Maniskan Alun - Alun Bung Karno Ungaran -->

code ads


Serabi Ngampin Maniskan Alun - Alun Bung Karno Ungaran

Saturday, April 27, 2019
Paisah, pedagang kue serabi khas Desa Ngampin, Kecamatan Ambarawa dalam Kasmex 2019 di Tol Ikon Festival Kuliner Ungaran, Sabtu (27/04/2019). (Foto: istimewa/ASB)

Ungaran, beritaglobal.net - Festival jajanan yang digelar setiap Sabtu dan Minggu di Alun Alun Bung Karno kawasan exit tol Ungaran kali ini bertepatan dengan digelarnya Kasmex (Kabupaten Semarang Expo) tahun 2019 sejak Rabu (24/04/2019) hingga Senin (29/04/2019) mendatang, yang dibuka langsung oleh Bupati Semarang dr. H. Mundjirin, ES., Sp.OG.

Festival kuliner sendiri tak hanya dipadati oleh pelaku kuliner wilayah Ungaran saja namun juga dari berbagai daerah di Kabupaten Semarang, salah satunya adalah kue serabi yang merupakan makanan khas Desa Ngampin, Kecamatan Ambarawa.

Ada 3 pedagang serabi yang tergabung dalam paguyuban Mekar Lestari Ngampin yang hadir setiap Sabtu dan Minggu di Alun - Alun Bung Karno untuk mempromosikan serabi Ngampin, yang memiliki cita rasa gurih dan manis ini kepada pengunjung.

"Ada 3 pedagang serabi yang mewakili paguyuban Mekar Lestari. Kita berjualan di sini sejak 15 Maret kemarin. Kita biasanya jualan disini setiap Sabtu dan Minggu tapi karena sekarang ada expo jadi kita diminta berjualan sejak expo dimulai," ujar Paisah warga Dusun Lonjong, Desa Ngampin, Kecamatan Ambarawa saat ditemui beritaglobal.net di Alun - Alun Bung Karno Ungaran.

Menurut Paisah, dengan adanya festival kuliner semakin menaikkan pendapatan bakulan serabi yang sudah digelutinya sejak lama tersebut.

"Kalau saya ya dengan adanya festival ini pendapatan bertambah baik," tutur Paisah.

Spot unggulan wisata Kuliner Kabupaten Semarang Tol Ikkon Festival Kuliner di Alun - Alun Bung Karno, Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.
 Ditemui secara terpisah Drs. Yoseph Bambang Trihardjono, M.M.,, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DISKUMPERINDAG) Kabupaten Semarang, menuturkan bahwa kegiatan Kasmex 2019 sendiri bisa membuat UMKM di wilayah Kabupaten Semarang menjadi lebih berkembang lagi.

"Harapan kita dengan acara seperti ini bisa membuat UMKM semakin berkembang. Khususnya petani rempah - rempah yang ada di wilayah Kabupaten Semarang," ujar Yoseph.

"Sentra rempah - rempah di Kabupaten Semarang sendiri ada di daerah Tuntang, Regunung, Sumowono. Sebelumnya kita juga ada pelatihan untuk pengolahan rempah dan jamu gendong," pungkas Yoseph. (Fera Marita)