Menjaga Stabilitas dan Kondusifitas Salatiga Pasca Pileg dan Pilpres Tahun 2019 -->

code ads


Menjaga Stabilitas dan Kondusifitas Salatiga Pasca Pileg dan Pilpres Tahun 2019

Wednesday, May 1, 2019
Audiensi Pembinaan Organisasi Masyarakat & Organisasi Politik dengan Walikota Salatiga Tahun 2019, di ruang Plumpungan, Gedung Setda Lt. 2, Pemkot Salatiga, Selasa (30/04/2019). (Foto: dok. pribadi)

Salatiga, beritaglobal.net - Kondisi keamanan dan kerertiban pasca pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden tahun 2019, menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kota Salatiga. Dalam menjaga kerukunan dan kondusifitas wilayah pasca Pemilu tahun 2019, diselenggarakan Audiensi Pembinaan Ormas dan Organisasi Politik dengan Walikota Salatiga tahun 2019, Selasa (30/04/2019).

Acara audiensi yang diselenggarakan di Ruang Plumpungan, Gedung Setda Lt. 2 Pemkot Salatiga, dihadiri oleh seluruh perwakilan partai politik di Kota Salatiga, dan perwakilan ormas serta LSM, Sekda Kota Salatiga Drs. Fakruroji, Dandim 0714/Salatiga diwakili oleh Kasdim 0714/Salatiga Mayor Burhanuddin, S.T.,  Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Salatiga Dr. Yudi Kristiana, S.H., M.M., Ketus Pengadilan Negeri Salatiga yang diwakili oleh Wakil Ketua PN, Ketua KPU Kota Salatiga, Ketua Bawaslu Kota Salatiga dan Romo Wiku selaku perwakilan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Salatiga.

Audiensi Pembinaan Ormas dan Organisasi Politik dengan Walikota Salatiga tahun 2019, dibuka oleh Kepala Kesatuan Bangpolinmas Kota Salatiga, Agung Nugroho sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang mempunyai tugas dan fungsi menjaga stabilisasi kesatuan dan persatuan masyarakat di Kota Salatiga.

Selepas laporan pembukaan oleh Kepala Kesbangpolinmas Kota Salatiga, Walikota Salatiga H. Yuliyanto, S.E., M.M., yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekda Kota Salatiga Drs. Fakruroji membacakan amanat Walikota.

"Patut kita syukuri bahwa pemilu telah berjalan lancar di Kota Salatiga, saya ucapkan terima kasih pada seluruh stake holder baik TNI, Polri, ormas, organisasi politik dan atas peran bapak ibu semua pemilu berjalan lancar untuk kondusifitas Kota Salatiga," ungkap Drs. Fakruroji, membacakan amanat Walikota Salatiga.

Dibacakan lebih lanjut Drs. Fakruroji, dari pertemuan ini marilah kita samakaan persepsi antara seluruh stake holder untuk stabilitas dan kondusifitas pasca pemilu. Walikota Salatiga dalam amanat tertulisnya juga memberikan apresiasi pada masyarakat Salatiga untuk tingginya partisipasi dalam menggunakan hak suara pada Pemilu 2019.

"Semoga hingga pelantikan presiden nanti, suasana kondusif nasional tetapnterus terjadi. Kita berharap para wakil rakyat yang terpilih, dapat cepat beradaptasi dan menjadi wakil rakyat dan bersinergi dengan Pemkot Salatiga. Kita akui bersama bahwa pemilu tidak dilalui dalam situasi yang statis, ada peran ruang lingkup politik yang komplek dan dinamis, saling terkait satu sama lain untuk itu perlu sinergitas, semua elemen, harus bahu membahu dalam menjaga kedamaian Kota Salatiga," imbuh Walikota dalam amanat yang dibacakan Sekda Kota Salatiga.

Menjaga sinergitas dan keharmonisan wilayah, mari serahkan hasil pileg dan pilpres kepada penyelenggara negara untuk proses yang luber dan jurdil serta kembali bekerja agar memajukan Kota Salatiga yang kita cintai.

Diakhir amanatnya, Walikota Salatiga memberikan ucapan, "Menyambut bulan Suci Ramadhan, mari kita sambut dengan gembira, agar Tuhan YME memberi bimbingan pada kita semua, dan dalam menjalankannya dengan riang gembira.

Acara audiensi diakhiri dengan pembacaan 3 butir deklarasi damai pasca Pemilu tahun 2019, dari seluruh perwakilan ormas, organisasi parpol, yang hadir bersama Sekda Kota Salatiga, Kapolres Salatiga, Kajari Salatiga, Wakil Ketua PN Salatiga, bahwa warga Salatiga sepakat untuk menunggu dan menerima putusan KPU dalam perhitungan suara pada Pemilu tahun 2019, senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa, khususnya bagi Kota Salatiga, dan terkahir adalah bersama menjaga kepentingan kemanan dan kondusifitas di wilayah Kota Salatiga. (Oky)