Terapkan Sistem Zonasi, SMPN 1 Kranggan Masih Terima Siswa di Luar Zona Dengan Syarat Berikut -->

code ads


Terapkan Sistem Zonasi, SMPN 1 Kranggan Masih Terima Siswa di Luar Zona Dengan Syarat Berikut

Monday, May 13, 2019
Ugi Sutami, S.Pd., M.Pd., saat memantau jalannya penerimaan peserta didik baru di SMPN 1 Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Senin (13/05/2019). (Foto: dok. istimewa/WHN)

Temanggung, beritaglobal.net
- Penerimaan siswa didik baru untuk Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Temanggung telah dibuka sejak Senin (13/05/2019) hingga Rabu (15/05/2019) memdatang.

Penerimaan siswa baru tahun ini  mengikuti kebijakan pemerintah dengan menerapkan sistem zonasi. SMP Negeri 1 Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung adalah salah satu dari sekian SMP yang menerapkan hal tersebut dalam penerimaan siswa didik baru.

Proses pendaftaran siswa didik baru di SMPN 1 Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Senin (13/05/2019). (Foto: dok. istimewa/WHN)

Meski telah dibuka sistem online untuk pendaftaran peserta didik baru, namun masih tampak antrian calon siswa/siswi di halaman sekolah tersebut.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net disela aktifitas pendaftaran, Kepala Sekolah SMPN 1 Kranggang Ugi Utami, S.Pd., M.Pd., menguraikan "Tahun ini Pemerintah Kabupaten Temanggung masih menerapkan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru, selebihnya ada jalur mutasi bilamana anak mengikuti pekerjaan orang tua dengan syarat tertentu selebihnya ada jalur prestasi untuk anak yang berprestasi tetapi tinggalnya jauh dari sekolah ini, tetapi berniat mendaftar disini dengan ketentuan harus melampirkan sertifikat prestasi," urai Ugi.

Dengan diberlakukannya sistem zonasi diharapkan akan terjadi pemerataan prestasi sekolah, antara sekolah favorit dan sekolah negeri akan ada keseimbangan.

Masih menurut Ugi, antrian terjadi sejak pagi hari, banyak orang tua mengantar putra - putrinya mendaftar di SMP Negeri 1 Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. "Kami berlakukan sistem online, bilamana sudah mendaftar calon peserta didik akan memperoleh tanda bukti verifikasi PPBD (Penerimaan Peserta Didik Baru)," imbuhnya.

Pemberitahuan siswa yang di terima akan diumumkan pada hari Kamis (16/05/2019) mendatang, demikian penjelasan Kepala sekolah SMP N 1 Kranggan yang juga ikut memantau jalannya penerimaan peserta didik baru. (Ratmaningsih)