Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan Periode Kelulusan Tahun 2018/2019, Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 -->

code ads


Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan Periode Kelulusan Tahun 2018/2019, Dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019

Thursday, May 2, 2019
Penari gambyong dan pedang pora dari group paskibraka SMKN 1 Pabelan, iringi parade siswa/siswi kelas XII dalam acara Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan tahun 2018/2019, di halaman upacara SMKN 1 Pabelan, Kamis (02/05/2019). (Foto: istimewa/ASB)

Ungaran, beritaglobal.net - Selepas mengikuti pendidikan selama 3 tahun, 175 siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pabelan, yang beralamat di Desa Sumberejo, Kecamatan Pabelan, menghadiri acara Wasana Warsa tahun Pelajaran 2018/2019, Kamis (02/05/2019).

Wasana warsa yang diselenggarakan bersaamaan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), terselenggara apik di halaman upacara SMKN 1 Pabelan. Mulainya acara, ditandai dengan adanya kirab seluruh siswa/siswi kelas XII dengan diiringi penari gambyong yang dibawakan apik oleh Rara, Noviana, Nurul, siswi kelas X dan pedang pora dengan bendera merah putih dari group Paskibraka SMKN 1 Pabelan.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, disela acara pembukaan, Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Pabelan, bidang kurikulum Fitri Rangga, S.Pd., bahwa group Paskibraka selalu menjadi 'langganan' untuk pengibaran sang saka Merah Putih dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Pabelan, dan sejumlah prestasi di bidang olah raga dan paduan suara yang turut mengisi acara Wasana Warsa tahun 2018/2019.

Group Paduan Suara SMKN 1 Pabelan, membawakan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Guru dalam wasana warsa SKMN 1 Pabelan. (Foto: dok. istimewa/ASB)

"Wasana warsa tahun 2018/2019 ini, adalah untuk lulusan ke 6 sejak, SMKN 1 berdiri tahun 2013, dalam kurun waktu itu telah banyak prestasi yang kami ukir, diantaranya adalah Juara 2 lomba bola voli di kejuaraan IAIN Salatiga, Juara 1 lomba bola voli tingkat SMA/SMK se Kabupaten Boyolali," ungkap Fitri.

Senada dengan Fitri, Kepala Sekolah SMKN 1 Pabelan Mukimin, S.Pd., dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan, ucapan selamat datang kepada seluruh tamu undangan dan ucapan selamat kepada siswa/siswi yang hadir serta

Kepala Sekolah SMKN 1 Pabelan Mukimin, S.Pd., saat memberikan sambutan pembukaan acara Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan, di halaman Upacara SMKN 1 Pabelan, Desa Sumberejo, Kecamatan Pabelan, Kamis (02/05/2019). (Foto: dok. istimewa/ASB)

"Tidak terasa, 3 tahun yang lalu, saya diberi amanah wali murid oleh Bapak Salim Riyanto, bersama teman - teman untuk mengantar anak - anak untuk mengantar mereka mengisi kemerdekaan ini. Sesuai kalender pendidikan, kelulusan baru akan diaampaikan pada tanggal 13 Mei 2019 mendatang, saya sampaikan nanti saat nya anak - anak, insha Allah akan lulus 100 persen," ungkap Mukimin.

Mukimin selanjutnya menyampaikan rasa terima kasihnya pada jajaran guru, staf dan karyawan di SMKN 1 Pabelan selama mereka mengikuti pendidikan, sehingga siap memasuki dunia kerja dan menuju jenjang pendidikan selanjutnya di perguruan tinggi maupun melakukan wira usaha.

"Insha Allah setelah lulus nanti tanggal 13 Mei 2019, anak - anak kami telah banyak yang diserap ke dunia kerja, dari jurusan Tata Busana telah diserap olah Sadua Indo sebanyak 28 orang, AHAS Honda 2 orang, dan 4 orang sedang mengikuti seleksi di Harpindo. Selain itu, insha Allah semua anak - anak yang tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi telah diserap perusahaan pada bulan Desember 2019, karena menunggu kecukupan usia," imbuh Mukimin.

Selain bekal ketrampilan untuk bekerja, siswa/siswi SMKN 1 Pabelan, telah dibekali ketrampilan untuk berwirausaha. Diharapkan oleh Mukimin, S.Pd., bahwa tanggal 13 Mei 2019 mendatang, saat diumumkannya kelulusan, dapat berjalan dengan tertib. "Kami harap nanti tanggal 13 Mei, dapat dikawal oleh Bapak - bapak dari Polsek dan Koramil agar anak - anak tertib. Kami akan terus berkoordinasi dengan BKK Kabupaten Semarang untuk memastikan anak - anak lulusan sekolah ini dapat diterima di dunia kerja," pungkas Mukimin, S.Pd., sebelum mempersilahkan Ketua Komite Sekolah yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Sumberejo, Salim Riyanto untuk melakukan wisuda secara simbolis kepada 2 orang siswa/siswi, SMKN 1 Pabelan.

Prosesi wisuda dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, dengan melepaskan atribut seragam sekolah seperti topi dan dasi, serta mengembalikan atribut tersebut secara simbolis kepada Ketua Komite Sekolah Salim Riyanto sebagai perwakilan orang tua/wali, untuk menerima siswa/siswi kembali kepada orang tua/wali masing - masing.

Penyerahan kembali siswa/siswi SMKN 1 Pabelan secara simbolis kepada orang tua dari Kepala Sekolah Mukimin, S.Pd.

Selepas melakukan prosesi wisuda secara simbolis, Salim menyampaikan, "Walaupun belum ada kelulusan, tapi di tanggal 13 Meu nanti, kita nyatakan lulus 100 persen. Sudah menjadi komitmen kami selaku wali siswa, sejak 3 tahun lalu anak - anak kami untuk selalu setia dan sedia mengikuti pendidikan di sekolah ini. Sesuai dengan amanat Presiden RI, SMK adalah SMK Kerja, saat ini telah terbukti, saat ini telah menciptakan generasi - generasi kerja untuk bangsa Indonesia," ucap Salim Riyanto.

"Harapan kami, setelah adanya wasana warsa ini, tali silaturahim tetap terjaga. Kami mengucapkan terima kasih juga dari perwakilan industri dan dunia usaha atas kehadirannya di acara ini, sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada SMKN 1 Pabelan telah sukses dalam mendidik siswa/siswi," tandasnya.

Camat Pabelan yang saat acara Wasana Warsa di SMKN 1 Pabelan diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pabelan Dra. Umi Hartutik, M.M., memberikan ucapan selamat kepada jajaran SKMN 1 Pabelan atas kesuksesan mengantarkan siswa/siswi mencapai apa yang dicita - citakan.

"Hari ini semua anak - anakku berseri - seri, semoga cita - cita kalian bisa terwujud, kegiatan seremonial ini adalah sebagai kenangan kepada anak - anakku semua. Sebagai ucapan terima kasih kepada bapak/ibu guru, staf, karyawan dan stake holder selama masa pendidikan," ungkap Umi.

Umi berpesan kepada seluruh siswa/siswi kelas XII yang hadir di acara Wasana Warsa, tidak melakukan corat - coret seragam sekolah pasca pengumuman kelulusan nanti, karena hal itu telah dianggap kuno, tidak millenial. "Selain bertindak tertib, bagi anak - anakku sekalian, jangan lupa untuk selalu berdoa dan memohon restu orang tua, saat memulai memasuki dunia kerja ataupun hal baru setelah lulus nanti," tandasnya.

Tamu undangan yang hadir dalam acara Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan.

Acara wasana warsa di SMKN 1 Pabelan pada Kamis (02/05/2019) pagi, dihadiri pula oleh Danramil 02/Pabelan yang diwakili Batuud Pelda Sumarno beserta Babinsa Sumberejo Serda Ahmad, S., Kapolsek Pabelan yang diwakili oleh Kanit Binmas Polsek Pabelan Iptu Sarminto beserta Bhabinkamtibmas Polsek Pabelan, 175 siswa/siswi kelas XII, seluruh orang tua/wali dan siswa - siswi Kelas 10 yang mengisi acara.

Peragaan busana (fashion show) dalam acara Wasana Warsa SMKN 1 Pabelan.

Salah satu siswa Fatullah Ahmad dari Kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), saat ditanya pesan dan kesan, mengungkapkan bahwa sekolah di SMKN 1 Pabelan, merasa sangat bangga dengan kekompakan rekan - rekannya, serta fasilitas pendukung pendidikan yang memadahi.

Dirinya berencana untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, "Rencananya mau kuliah mas, tapi kalau biaya kurang ya sambil kerja," ucapnya singkat.

Acara fashion show atau peragaan busana dari 12 siswi kelas X, menjadi acara puncak pada pelaksanaan Wasana Warsa di SMKN 1 Pabelan. Selain itu, selingan iringan organ tunggal, seakan menjadi luapan kegembiraan siswa/siswi yang secara serempak berdiri untuk berjoget serta beberapa diantaranya turut bernyanyi bersama di depan para Guru dan tamu undangan. (Agus S/Red)