6 Pelajar Dari 3 SMA/K Negeri Wakili Kodim 0714/Salatiga Ikuti Penataran Kader Bela Negara -->

code ads


6 Pelajar Dari 3 SMA/K Negeri Wakili Kodim 0714/Salatiga Ikuti Penataran Kader Bela Negara

Monday, June 24, 2019
Pasiter Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Untung Hardjanto saat memberikan pembekalan kepada 6 pelajar wakili Kodim 0714/Salatiga dalam Penataran Bela Negara di Rindam IV/Diponegoro Magelang. (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga).

Salatiga, beritaglobal.net - Kesempatan emas untuk dapat mengikuti Penataran Kader Bela Negara Bagi Generasi Muda Bangsa, di Depo Pendidikan (Dodik) Bela Negara di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) IV/Diponegoro, Magelang, merupakan kebanggaan tersendiri bagi pelajar di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Kodim 0714/Salatiga, telah melakukan seleksi ketat untuk menentukan 6 orang siswa/wi dari SMA dan SMK se wilayah tugas Kodim 0714/Salatiga. Disampaikan oleh Pasiter Kodim 0714/Salatiga Kapten Infanteri Untung Hardjanto melalui Pendim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Widharta, terdapat 6 siswa dari SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 1 Ungaran dan SMK Negeri 1 Salatiga sebagai peserta penataran bela negara tahun 2019.

"Mereka nantinya akan bergabung dengan 260 orang siswa lainnya setingkat SMA, untuk melaksanakan kegiatan tersebut yang direncanakan Pengkaderan ini dilaksanakan selama 4 hari kedepan sejak Senin (24/06/2019) hingga Jumat (28/06/2019) mendatang," ungkap Pelda Wahyudha.

Selama berada di Dodik Bela Negara, mereka akan menerima materi Cinta Tanah Air, Kerelaan Berkorban, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, nilai - nilai kebangsaan yang bersumber kepada 4 Konsensus Dasar Negara, Wawasan Kebangsaan serta Nasionalisme dan Patriotisme.

Ditambahkan Pelda Wahyudha, selain itu mereka juga mendapatkan materi tambahan tentang Kepemimpinan, Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme, Bahaya Narkoba, serta pengetahuan tentang HIV/AIDS.

"Sedangkan untuk materi keterampilan mereka akan diajarkan tentang Peraturan Baris Berbaris, Peraturan Penghormatan dan Navigasi Darat," imbuhnya.

Pelepasan ke enam pelajar wakil Kodim 0714/Salatiga dipimpin oleh Pasiter Kapten Inf Untung Hardjanto. Kapten Inf Untung berpesan kepada ke enam pelajar untuk dapat mengikuti kegiatan itu dengan semangat dan Antusias, karena materi yang disampaikan nantinya merupakan bekal bagi mereka di masa depan.

"Adik adik merupakan siswa pilihan dari berbagai sekolah, jadi harus bisa mengambil dan menyerap materi yang diberikan oleh setiap Pemateri di sana nantinya. Kegiatan ini emang tidak dilombakan tetapi kalian harus menunjukan yang terbaik untuk kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, selamat belajar dan berlatih, semoga sukses untuk kalian semua," pungkas Kapten Inf Untung. (Oky/FMA)


Sumber: Pendim 0714/Salatiga