Ratusan Umat Budha Kabupaten Semarang Rayakan Dhammasanti Waisak Bersama -->

code ads


Ratusan Umat Budha Kabupaten Semarang Rayakan Dhammasanti Waisak Bersama

Monday, June 17, 2019
Umat Budha Kabupaten Semarang merayakan Dhammasanti Waisak 2563 TB/2019 di halaman Kantor Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Senin (17/06/2019). (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga).

Ungaran, beritaglobal.net - Ratusan umat Budha yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Semarang merayakan Dhammasanti Waisak 2563 TB/2019 hari Senin (17/06/2019).

Bertempat di Pendopo dan halaman Kantor Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, perayaan Waisak kali ini mengusung tema "Cinta Kasih Perekat Kebhinekaan Bangsa".

Perayaan yang menghadirkan Bhiku Sasana Bodhi Mahatera ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, S.H., Danramil 07/Susukan Kapten Arm Utomo, Kemenag Kabupaten Semarang Muhdi, Pembimas Budha Provinsi Jateng Sutarso, S.Ag., M.M., serta Muspika Kecamatan Kaliwungu.

Menurut Pembimas Budha Provinsi Jateng Sutarso, S.Ag., M.M., umat Budha harus bisa menjalankan 3 mantra sesuai instruksi Kementrian RI.

"Dalam perayaan Dharma Santi Waisak 2563 TB tahun 2019 ini kita harus bisa mengimplementasikan 3 Mantra sesuai instruksi Kementrian Agama RI yaitu Mantra moderasi beragama, Mantra kebersamaan dan integrasi data," tutur Sutarso dalam sambutannya.

Senada dengan Sutarso, Bikhu Sasana Bodhi Mahatera, Sang Begawa berpesan untuk tetap menjaga kerukunan meski banyak keberagaman.

"Umat Budha harus bisa menjaga kerukunan dalam keberagaman. Kita harus perpegang pada sila keharmonisan agar kerukunan dapat terwujud," tutur Bikhu Sasana Bodhi Mahatera.

"Sudah barang tentu dari banyak orang mempunyai pandangan, pendapat yang berbeda-beda, tetapi janganlah segala perbedaan itu dijadikan alasan untuk menimbulkan perpecahan," imbuhnya.

Perayaan Dharma Santi Waisak 2563 TB th 2019 ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bikhu Cathamano Mahatera. (Fera Marita)


Sumber: Pendim 0714/Salatiga