Cegah Gagal Panen Ratusan Hektar Sawah, Warga Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Jaran -->

code ads


Cegah Gagal Panen Ratusan Hektar Sawah, Warga Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Jaran

Friday, July 5, 2019
Proses pembersihan enceng gondok di aliran Sungai Jaran, oleh warga masyarakat Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jumat (05/07/2019). (Foto: dok. istimewa/ARF)

Klaten, beritaglobal.net - Sejumlah masyarakat seputar Sungai Jaran Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten melakukan aksi bersih sungai, Jumat (05/07/2019). Gerakan ini untuk menyelamatkan sungai Jaran dari habitat enceng gondok yang sudah menutupi seluruh badan sungai sejauh 3 km tersebut.

Camat Cawas, Drs. Sofyan, M.Si., mengungkapkan bahwa enceng gondok yang memenuhi sungai Jaran berasal dari aliran sungai Rowo Jombor yang cepat sekali berkembang biak hingga menutupi badan sungai Jaran hingga mengakibatkan terganggunya pasokan air ke persawahan.

"Awalnya memang dari enceng gondok di aliran sungai Rowo Jombor. Tapi sekarang seluruh permukaan sungai Jaran sudah tertutup enceng gondok. Ini berakibat pada pasokan air ke petani - petani di Desa Bawak, Kedungampel, Pakisan bahkan sampai berdampak ke Desa Balak dan Desa Bogor," ungkap Sofyan kepada beritaglobal.net melalui pesan WhatsApp.

Sofyan menargetkan pembersihan enceng gondok ini akan rampung kurang dari 7 hari.

"Kita melibatkan semua unsur masyarakat untuk membersihkan enceng gondok tersebut agar bisa rampung dalam 1 minggu, kalau bisa kurang dari itu. Untuk yang terlibat di kegiatan ini ada BBWS Bengawan Solo, PPL Dinas Pertanian, TNI, Polri, BPBD, DPU, Senkom, Banser, PPPA Kec. Cawas,  petani serta relawan sungai," imbuh Sofyan.

Sofyan menegaskan bahwa pembersihan enceng gondok ini mutlak diperlukan untuk menjaga ratusan hektar tanaman padi yang bergantung dari aliran air sungai Jaran tidak gagal panen akibat macetnya pasokan air. Apalagi saat ini Klaten sedang menghadapi kekeringan akibat kemarau panjang. (Fera Marita)