Gempa Susulan (Aftershock) Masih Terus Terjadi Sesudah Gempa 7,2 SR -->

code ads


Gempa Susulan (Aftershock) Masih Terus Terjadi Sesudah Gempa 7,2 SR

Monday, July 15, 2019
Gambar lokasi gempa Halmahera, Provinsi Maluku Utara. (Foto: dok. BMKG)

Halmahera, beritaglobal.net - Gempa dengan parameter 7,2 SR yang mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan Propinsi Maluku Utara, Minggu (14/07/2019) pukul 16.10 WIB terletak pada koordinat 0,56 LS dan 128,06 BT.

Hingga pukul 17.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 7 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo diatas 5 sebanyak 5 kali dan 2 kali magnitudo di bawah 5.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya, dan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Dalam siaran persnya yang dikeluarkan pada tanggal 14 Juli 2019, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc.  menginstruksikan kepada masyarakat agar mencari formasi resmi terkait gempa hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg. (Fera Marita)