Sebuah Rumah di Blotongan Hangus Terbakar Diduga Karena Korsleting Listrik -->

code ads


Sebuah Rumah di Blotongan Hangus Terbakar Diduga Karena Korsleting Listrik

Tuesday, July 16, 2019
Kondisi di dalam rumah Slamet di RT 01 RW 01 Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, pasca kebakaran hebat saat rumah dalam kondisi kosong, Selasa (16/07/2019). (Foto: dok. istimewa/FMA) 
Salatiga, beritaglobal.net - Kebakaran hebat menghanguskan rumah Slamet (60) warga RT 01 RW 01 Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo diduga dipicu oleh hubungan arus pendek (Korsleting) listrik di salah satu kamar.

Menurut keterangan Paiman, warga yang pertama kali mengetahui adanya api yang membakar rumah Slamet, api berasal dari kamar depan rumah.

"Api pertama kali berasal dari kamar depan, sepertinya lampunya korslet. Saya langsung ke mushola mengumumkan kebakaran tersebut. Warga langsung berdatangan tapi api cepat sekali menjalar," ujar Paiman.

Sang pemilik rumah, Slamet, saat ditemui beritaglobal.net menuturkan bahwa rumah dalam keadaan kosong.

"Saya baru di Poltas nganter teman saya bikin SIM. Sekira pukul 13.00 WIB saya di telpon tetangga suruh cepat pulang. Waktu sampai di rumah api sudah membakar habis rumah saya," ungkap Slamet.

Bantuan Warga 

Sementara itu Sudiono, Ketua RW 01 yang juga anggota komisi A DPRD Kota Salatiga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengkoordinasi seluruh RT yang ada di wilayah RW 1 untuk memberikan bantuan kepada keluarga Slamet.

"Saya sudah mengkoordinasi seluruh RT untuk dapat memberikan donasi kepada pak Slamet atas musibah ini. Sebagai sesama warga RW 01 sudah sepantasnya kita saling membantu untuk meringankan beban saudara kita yang sedang ditimpa musibah," papar Sudiono saat ditemui beritaglobal.net di lokasi kebakaran.

"Saya juga sudah menginstruksikan untuk mendirikan posko bantuan di rumah bapak Slamet. Posko terbuka untuk siapapun yang ingin membantu pak Slamet. Tidak terbatas dari warga RW 01 ini saja. Tapi kami hanya menerima bantuan berupa material semacam kayu, genting, usuk, yang bisa digunakan untuk merenovasi rumah bapak Slamet ini," tandas Sudiono.

Sementara itu, dari Dinas Sosial sendiri berencana akan memberikan bantuan kepada Slamet atas musibah kebakaran yang ditaksir kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah tersebut. (Fera Marita)