400 Off-Roader Geruduk Bhumi Kunjarakunja

code ads


400 Off-Roader Geruduk Bhumi Kunjarakunja

Sunday, September 1, 2019

Peserta acara off road dan trail adventure bertajuk Jelajah Bhumi Kunjarakunja melintasi kawasan Gunungsari Desa Seloboro, Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. (Foto: dok. pribadi/FMA)

Magelang, beritaglobal.net - Lebih dari 300 jeep dan 100 trail dari wilayah Jateng, DIY, Jabar, Jatim dan DKI Jakarta beradu gesit dalam acara off-road dan trail adventure yang bertajuk Jelajah Bhumi Kunjarakunja yang di gelar Sabtu (31/08/2019) hingga Minggu (01/09/2019) di kawasan Gunungsari Desa Seloboro, Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Menempuh jarak sejauh 20 Km, para off-roader akan dibawa menjajaki medan yang terjal dan membelah 4 sungai di kawasan Salam Magelang yaitu sungai blongkeng, sungai kaliputih, sungai purba dan sungai bobosan.

Menurut Dwi Yatim Mantora, penggagas event ini kepada beritaglobal.net, event ini bukan hanya sekedar event off-road biasa. Namun sekaligus pengenalan dan pengembangan destinasi wisata baru yang ada di wilayah Kecamatan Salam.

"Saya bersama temen-temen Kunjarakunja Jeep Adventure sengaja membuat event ini untuk mengenalkan jalur dan edukasi wisata baru di Kec. Salam. Harapan kita jalur resmi jeep adventure ini akan menjadi daya tarik wisata adventure di Magelang. Dengan begitu nantinya akan tercipta masyarakat yang sadar wisata sehingga pemangku wilayah setempat juga akan tergugah untuk menggali potensi wisata yang ada di Kec. Salam ini," papar Dwi Yatim Mantora atau yang lebih akrab dipanggil Tora ini.

Selain itu, Tora juga menyebutkan bahwa event ini juga menampilkan gelar seni budaya Magelang serta penanam 14 ribu bibit pohon di sepanjang jalur yang dilewati.

"Untuk meminimalisir dampak kerusakan akibat pembukaan jalur jeep ini maka kami juga melakukan penanam pohon di sekitar jalur serta bantaran sungai yang dilewati," ujar Tora.

Tora juga menambahkan bahwa di seputar perbukitan Kunjarakunja masih kaya akan hutan dan peninggalan purbakala. Setidaknya ada 3 situs purbakala yang dilewati para off-roader yaitu situs Candi Gunung Sari, situs Bobosan dan situs Candi Gunung Wukir.

"Harapan terbesar kami trip wisata adventure ini bisa menjadi penyangga wisata di wilayah Magelang. Selain itu masyarakat luas bisa lebih mengenal bukit Kunjarakunja yang kaya akan hutan dan situs purbakala ini sehingga menjadi destinasi wisata baru di kawasan Magelang khususnya Kecamatan Salam," tutup Tora. (Fera Marita)