Buka Lomba Pioneering Saka Wira Kartika, Ini Kata Dandim 0714/Salatiga

code ads


Buka Lomba Pioneering Saka Wira Kartika, Ini Kata Dandim 0714/Salatiga

Sunday, September 8, 2019
Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan saat melihat aktivitas peserta Lomba Pioneering Gudep Pramuka Saka Wirakartika di halaman Kodim 0714/Salatiga, Minggu (08/09/2019). (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net – Setiap anggota pramuka diwajibkan memiliki kemampuan dasar yang membentuk sikap mental yang tekun, ulet dan sabar, yang disebut Pioneering.

Demi tujuan tersebut Gugus Depan Gerakan Pramuka Saka Wirakartika mengadakan Lomba Pioneering bagi siswa SMP/MTs/SMA/SMK/MA se Kota Salalatiga dan sekitarnya pada hari Minggu (08/09/2019) di halaman Kodim 0714/Salatiga.

Disampaikan Kepala Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Widharta kepada beritaglobal.net, lomba Pioneering edisi tahun ini melombakan pembuatan Gubuk (rumah kecil yang biasa digunakan beristirahat di sawah atau ladang pedesaan) dengan bahan dasar tongkat Pramuka dan tali Pramuka yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi untuk berteduh atau beristirahat dalam perkemahan. "Hal ini selain menuntut kemampuan dasar Pioneering itu sendiri juga menuntut kreatifitas dan penghitungan yang matang untuk bisa menghasilkan Gubuk yang kuat, dan mampu berfungsi sebaik mungkin sebagai tempat istirahat," ungkap Pelda Wahyudha.

Materi Pioneering yang dilombakan adalah membuat gubug dari tongkat dan tali pramuka. (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga)

Dalam lomba yang diikuti oleh sekitar 300 siswa yang berasal dari 43 sekolah SMP/MTs/SMA/SMK/MA se Kota Salatiga an sekitarnya ini dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0714/Salatiga, Letnan Kolonel Inf Prayoga Erawan berlangsung meriah dan dalam suasana keakraban diantara peserta.

Melalui Pelda Wahyudha, Dandim menyampaikan, "Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk ikut mengembangkan kemampuan dibidang Pramuka yang telah dilatihkan, dipangkalan masing - masing untuk bisa menjadi ajang intropeksi diri sampai sejauh mana kemampuan yang telah dikuasai, dan sebagai pemacu semangat berlatih yang lebih baik lagi. Latihan yang dilakukan akan sangat berguna sebagai bekal dalam kehidupan sehari - hari kelak," kata Letkol Inf Prayoga Erawan dalam sambutannya melalui Pelda Wahyudha.

Sementara itu, ketua Panitia Lomba Ibrahim Anton, S., menyampaikan, “Lomba Pioneering yang merupakan agenda tahunan dengan memperebutkan Piala Dandim 0714/Slg ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Saka Wirakartika Pangkalan Kodim 0714 Salatiga, merupakan agenda rutin tahunan yang pada kesempatan kali ini adalah edisi lomba yang ke-4," ungkapnya.

Sebagai pemenang lomba Pioneering ini adalah sebagai berikut: Kategori SMP/Mts Putra :1. Mts N Salatiga, 2. SMP N 9 Salatiga, 3. SMP N 9 Salatiga, harapan 1. Mts N Salatiga, harapan 2. SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga, harapan 3. SMP Islam Al Azhar Salatiga.

Kategori SMP/MTs Putri 1. SMP N 9 Salatiga, 2 MTs N Salatiga, 3. SMP Negeri 9 Salatiga, harapan 1. SMP Pangudi Luhur Salatiga, harapan 2. SMPN 3 Ambarawa, Harapan 3. SMPN 1 Salatiga.

Kategori SMA/SMK/MA Putra :1. MAN Salatiga, 2. MAN Salatiga, 3. SMA N 1 Salatiga, harapan 1. SMK N 2 Salatiga, harapan 2. SMK Saraswati Salatiga, harapan 3. SMK PGRI 3  Salatiga.

Kategori SMA/SMK/MA Putri 1. MAN Salatiga, 2 MAN Salatiga, 3. SMA N 1 Tengaran, harapan 1. SMA N 2 Salatiga, harapan 2. SMA N 3 Salatiga, Harapan 3. SMA N 3 Salatiga.

Para pemenang berhak atas Piala Dandim 0714/Salatiga dan uang pembinaan yang diberikan oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Untung Harjanto didampingi M. Turis Niagawan, S.H., selaku Pamong Saka Wirakartika di halaman Kodim 0714/Salatiga.

Lebih lanjut disampaikan oleh Pelda Wahyudha, "Juara Umum kategori SMP/MTs diraih oleh MTsN Salatiga, dan kategori SMA/SMK/MA diraih oleh MAN Salatiga," tandas Pelda Wahyudha. (Oky Candra)