Bukan Hanya Mahir Operasikan Senjata, Babinsa Ini Piawai Operasikan Cangkul

Iklan Semua Halaman

Bukan Hanya Mahir Operasikan Senjata, Babinsa Ini Piawai Operasikan Cangkul

Friday, September 6, 2019
Aktivitas Sertu Heri R membantu membetulkan pematang sawah milik Sukardi, petani di wilayah Dusun Pancuran, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jum'at (06/09/2019). (Foto: dok. pribadi/HR)

Ungaran, beritaglobal.net - Peran fungsi Bintara Pembina Desa (Babinsa), bukan hanya pada menjaga stabilitas keamanan, wilayah binaannya. Namun juga membantu meningkatkan kapasitas petani dalam mengolah lahan pertanian yang mereka miliki.

Disampaikan Kepala Penerangan Kodim 0714/Salatiga Pelda Wahyudha Widharta kepada beritaglobal.net, peran Babinsa dalam bidang pertanian tercermin pada anggota Koramil 13/Bawen, Sertu Heri Rofi'i dalam membantu mengolah lahan pertanian di Desa binaanya, di Dusun Pancuran, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jum'at (06/09/2019).

"Ditengah musim kemarau ini desa Kandangan mengalami kekeringan sehingga lahan pertanian tidak bisa ditanami padi kecuali hanya sebagian dari Dusun Pancuran yang masih bisa ditanami," ungkap Pelda Wahyudha menirukan ungkapan Sertu Heri.

Aktivitas Sertu Heri dalam bidang pertanian tampak saat membantu mengolah lahan milik Suradi. "Sertu Heri turut membantu mengolah lahan seluas 0,5 hektar milik bapak Suradi," imbuhnya.

Tanpa ragu, dirinya turun langsung ke sawah dengan masih menggunakan seragam dinas lengkap, dan mrngayunkan cangkul milik Suradi memperbaiki kondisi pematang sawah yang mulai rusak.

Sesaat sebelum masuk waktu sholat Jumat, aktivitas bertani Sertu Rofi'i dan Suradi berhenti. Sebelum membersihkan diri untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat, mereka bersenda gurau dan berbincang tentang masalah pertanian.

Ditambahkan Pelda Wahyudha, sebagai orang timur, bapak Suradi tak lupa berterima kasih kepada Sertu Heri yang aktif membantunya dalam pertanian. (Oky Candra)