Turut Serta Tingkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat, Babinsa Desa Karanggondang Sosialisasikan STBM

Iklan Semua Halaman

Turut Serta Tingkatkan Taraf Kesehatan Masyarakat, Babinsa Desa Karanggondang Sosialisasikan STBM

Thursday, November 28, 2019
Serma Fakhrurozi dan Aiptu Purwoto melakukan sosialisasi dan pendataan STBM di Desa Karanggondang, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Kamis (28/11/2019). (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga).

Ungaran, beritaglobal.net - Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, untuk memberikan pemahaman tentang perilaku hidup sehat dan higienis sanitasi, dilakukan dengan berbagai program. Salah satunya adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Program merupakan upaya pendekatan perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Kepada beritaglobal.net, Kepala Penerangan Kodim 0714/Salatiga, Pelda W. Yudha Widharta menyampaikan, berkaitan dengan hal tersebut, Babinsa Serma Fakhrurozi bersama Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang, Aiptu Purwoto mendampingi Bidan Desa Karanggondang, Sagita mengikuti Lokakarya STBM di Aula Puskesmas Desa Semowo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Kamis (28/11/2019).

"Serma Fakhrurozi dan Bhabinkamtibmas Desa Karanggondang mendampingi Bidan Desa Karanggondang mengikuti acara Loka Karya STBM di Aula Puskesmas Semowo. Selanjutnya mereka melakukan inspeksi di Desa Karanggondang," ungkap Pelda Yudha.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Pabelan yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pabelan, Kapolsek Pabelan, Danramil 02/Pabelan yang diwakili oleh Sertu Yuli Aminanto, Kepala Puskesmas Semowo dr. Satria Indra Kusima, Siti Fadlilah dari Dinas Kebudayaan Kecamatan Pabelan, Dinas Pertanian Kecamatan Pabelan, serta perwakilan pengurus PKK se Kecamatan Pabelan.

Melalui Pelda Yudha, Serma Fakhrurozi mengatakan bahwa selepas kegiatan Loka Karya dilanjutkan inspeksi dari rumah ke rumah, serta pendataan masyarakat yang sudah mampu, tetapi masih menggunakan WC terbuka.

“Dengan memberi himbauan agar segera membangun WC yang sesuai dengan standar kesehatan, serta mensosialisasikan menyangkut lima pilar STBM yang merupakan program pemerintah dalam hal menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat,” kata Fahrurozi melalui Pelda Yudha.

Adapun menurut Serma kelima pilar STBM meliputi, stop buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan yang sehat, mengelola sampah dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan benar," tambahnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah oleh beritaglobal.net, Bidan Desa Karanggondang Sagita, menyampaikan di Desa Karanggondang sudah semua warganya mempunyai fasilitas MCK.

"Semua sudah punya," ungkap Sagita saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Kamis (28/11/2019).

Sagita berharap, dengan adanya program ini, perilaku masyarakat berangsur - angsur berubah ke arah yang lebih baik. (Oky Chandra/Red)