Antisipasi Malam Pergantian Tahun, Polres Salatiga Gelar Simulasi Kontijensi -->

code ads


Antisipasi Malam Pergantian Tahun, Polres Salatiga Gelar Simulasi Kontijensi

Monday, December 30, 2019
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., memberikan paparan sebelum Simulasi Kontijensi di Pendopo Polres Salatiga, Senin (30/12/2019). (Foto: dok. Humas Polres Salatiga) 

Salatiga, beritaglobal.net - Dalam rangka antisipasi perayaan menyambut malam tahun baru 2020, Polres Salatiga sengaja menggelar simulasi kontijensi di depan Pendopo Polres Salatiga, Senin (30/12/2019). Dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., simulasi ini dihadiri oleh Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya, S.Sos., Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Sairi, S.H., PJU Polres Salatiga, Kapolsek Jajaran Polres Salatiga, 1 regu BKO Brimob Polda Jateng, 70 personil Polres Salatiga dan 10 media masa di wilayah Salatiga.

"Simulasi kontijensi ini diperagakan guna untuk menghadapi kejadian sewaktu -  waktu yang tidak diinginkan di wilayah hukum Polres Salatiga. Sebagai contoh tentang penemuan tas yang di duga Bom yang berada di salah satu gerja Ex-Y. Dalam kasus tersebut maka atensi pimpinan dalam pelaksanaan pengamanan yaitu pengamanan orang, obyek dan kegiatan," terang AKBP Gatot Hendro Hartono melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Joko Lelono kepada beritaglobal.net.

Tim Jihandak dari Brimob Polda Jateng memeriksa tas yang diduga bom saat simulasi kontijensi berlangsung. (Foto: dok. Humas Polres Salatiga)
Ditambahkan Kapolres melalui Kasubbag Humas, dalam simulasi diperagakan sebuah temuan tas ransel mencurigakan dihalaman gereja Ex-Y, setelah dilakukan pengecekan lapangan oleh petugas pospam maka petugas tersebut langsung melaporkan kepada Kapospam, selanjutnya Kapospam melaporkan kejadian tersebut kepada Kabag Ops Polres Salatiga selaku Karendal Ops Lilin Candi 2019.

Setelah mendapat laporan oleh Kabag Ops, Kapolres segera memerintahkan unit tindak dan unit identifikasi Sat Reskrim untuk cek dan oleh TKP. Sterilisasi dan pemasangan garis polisi segera dilakukan. Saat dilakukan pengecekan oleh Kasat Sabhara dan tim gegana Satbrimob Polda Jateng, ditemukan satu jenis Bom rakitan, dan dilakukan distraktor (pencerai beraian) isi tas yang di duga Bom rakitan tersebut. Penyisiran pun dilakukan dan setelah situasi aman kondusif gereja Ex-Y dibuka kembali dan personil Polres Salatiga berkonsentrasi kembali ke pengamanan malam tahun baru 2020 di wilayah hukum Polres Salatiga.

Anjing pelacak dari unit K-9 Polres Salatiga mengidentifikasi benda mencurigakan yang diduga berisi bahan peledak. (Foto: dok. Humas Polres Salatiga)

Dalam evaluasinya Kapolres Salatiga mengatakan bahwa seluruh rangkaian simulasi sudah berjalan dengan baik.

"Pada saat personil pos pam cek TKP, tidak seluruhnya meninggalkan pos pam. Selanjutnya Membuat perimeter di sekitar lokasi dan sebelum menuju lokasi Tkp masing masing Kasatgas melakukan konsolidasi terlebih dahulu. Dan setelah diskrebser barang bukti harus segera di amankan," imbuh AKBP Gatot Hendro Hartono setelah evaluasi dilakukan.

AKBP Gatot berharap bahwa pada malam pergantian tahun nanti Salatiga tetap aman dan kondusif. (*)


Fera Marita: kontributor beritaglobal.net Salatiga