Diduga Acara Sepeda Sehat KP2KKN Fun Bike 2019 Fiktif, Panitia Penyelenggara dan Penanggung Jawab Terancam Diajukan ke 'Meja Hijau' -->

code ads


Diduga Acara Sepeda Sehat KP2KKN Fun Bike 2019 Fiktif, Panitia Penyelenggara dan Penanggung Jawab Terancam Diajukan ke 'Meja Hijau'

Friday, December 13, 2019
Surat permohonan bantuan untuk acara Sepeda Sehat "KP2KKN" Fun Bike 2019 di lapangan Jatidiri, Comal, diduga fiktif. (Foto: dok. istimewa/OKT)
Semarang, beritaglobal.net - Acara Fun Bike (Sepeda Sehat) 2019 KP2KKN di lapangan Jatidiri, Comal, Kabupaten Pemalang, yang sedianya akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/12/2019), mendatang dinilai fiktif serta diduga panitia dan penyelenggara acara telah mencatut nama Komite Penyelidikan dan Pemberantasan, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah.

Disampaikan Koordinator KP2KKN Jawa Tengah Syukron Salam, kepada beritaglobal.net, Jumat (13/12/2019), bahwa dugaan kegiatan fun bike tersebut adalah fiktif dari adanya surat permohonan bantuan dana kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pemalang dengan mengatasnamakan KP2KKN.

Dalam surat somasi KP2KKN Jawa Tengah tertanggal 11 Desember 2019 dengan nomor 03/SK/KP2KKN/XII/2019 kepada Penyelenggara dan Penanggung Jawab Sepeda Sehat "KP2KKN" Fun Bike 2019, dijelaskan bahwa pengurus KP2KKN Jawa Tengah, tidak pernah merencanakan/mengadakan "Sepeda Sehat KP2KKN Fun Bike 2019" di lapangan Jatidiri, Comal, pada 15 Desember 2019, mendatang.

"Kami selaku pengurus KP2KKN Jawa Tengah menyatakan tidak pernahmerencanakan/mengadakan kegiatan “Sepeda Sehat KP2KKN Fun Bike” yang sekiranya akan diadakan pada tanggal 15 Desember 2019 di Lapangan Jatidiri Comal, Kab. Pemalang. Kami selaku pengurus KP2KKN Jawa Tengah tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi dalam kegiatan tersebut dan menyatakan kegiatan tersebut fiktif," terang Syukron Salam dalam surat somasinya.

Ditambahkannya, dari hasil penelusuran alamat yang tertuang dalam kop surat permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang, tertera alamat kantor KP2KKN di Jalan Pahlawan No. 4 Kota Semarang. Bila dilihat langsung, alamat tersebut merupakan alamat kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dan alamat tersebut bukanlah alamat sekretariat lembaga (KP2KKN JAWA TENGAH).

"Dengan itu terbukti bahwa Penyelenggara Sepeda Sehat ‘KP2KKN’ Fun Bike telah memalsukan alamat sekretariat lembaga kami," imbuhnya.

Atas adanya dugaan pencatutan nama Lembaga KP2KKN Jawa Tengah, Pengurus KP2KKN Jawa Tegah yang sah sesuai akta Notaris merasa dirugikan atas pencatutan nama tanpa izin dan persetujuan. Karena perilaku tersebut tidak sesuai dengan Tujuan dan Fungsi Kelembagaan KP2KKN sebagai Lembaga Anti Korupsi di Jawa Tengah, sekaligus juga tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KP2KKN Jawa Tengah.

"Oleh karena itu, Kami menuntut bagi siapa saja yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan acara tersebut untuk segera menurunkan Nama KP2KKN dalam acara tersebut dengan menyampaikan penghapusan nama KP2KKN dalam acara tersebut di media cetak maupun elektronik. Kami juga menuntut bagi siapa saja yang bertanggung jawab pada acara tersebut untuk mengembalikan dana bantuan ke Kas Negara ataupun para pihak yang telah membantu," pintanya.

Pengurus KP2KKN Jawa Tengah, menegaskan kepada panitia acara untuk dapat merealisasikan somasi mereka dalam kurun waktu 1 X 24 jam dan juga mempublikasikannya di semua media cetak, elektronik maupun online di regional Jawa Tengah.

"Bila dalam kurun waktu yang diminta tidak diindahkan, maka Pengurus KP2KKN Jawa Tengah akan membawa permasalahan ini ke ranah hukum," tegas Syukron Salam. (*)



Dilaporkan oleh Okta
Kontributor beritaglobal.net Pemalang