LLK 2019 Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga Jadi Kegiatan Penutup Tahun 2019 -->

code ads


LLK 2019 Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga Jadi Kegiatan Penutup Tahun 2019

Tuesday, December 31, 2019
Long March Lintas Koramil 2019 Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga, melintasi wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, sepanjang 17 kilometer, Selasa (31/12/2019). (Foto: dok. Pendim 0714/Salatiga).

Salatiga, beritaglobal.net – Saka atau Satuan Karya Pramuka (Saka) Wira Kartika TNI AD, merupakan salah satu Saka yang bersifat nasional. Saka Wira Kartika TNI AD adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dibawah pembinaan Kodim, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

“Kami selaku Pembina Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga tentunya sangat mendukung dan berupaya untuk memfasilitasi kegiatan yang diselenggarakan oleh adik - adik Pramuka ini. Kegiatan positif ini tentunya akan membentuk karakter dan mental bagi generasi muda Indonesia,” disampaikan oleh Komandan Kodim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan melaluu Pasiter Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Untung Hardjanto pada saat melepas keberangkatan Peserta LLK dari Kodim 0714/Salatiga, Selasa (31/12/2019).

Tetap wasapada dan berhati - hati dalam perjalanan, utamakan faktor keselamatan dan kesehatan, sekiranya ada yang alami gangguan kesehatan ditengah perjalanan segera melapor ke Pembina, tambah Dandim melalui Kapten Inf Untung Hardjanto.

Sebelum melaksanakan Long March, anggota Saka Wira Kartika Kodim 0714/Salatiga melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh personel dari RST dr. Asmir Salatiga.

"Long March Lintas Koramil (LLK) tahun 2019 kembali dilaksanakan sebagai sarana melatih anggota dalam hal daya tahan, baik fisik maupun mental," imbuhnya.

LLK 2019 kali ini mengambil rute sepanjang lebih kurang 17 kilometer, start dihalaman Koramil 04/Bringin, menuju pasar Bringin Krajan, Pondok Desa Popongan, Desa Petet, Desa Gendor, Desa Cikalan, Desa Slamet, Desa Padaan, Desa Bejaten, Desa Belon, Desa Wonogaten, Desa Klatak, Desa Tegal Sate, Desa Godean, Desa Setro, lingkungan Karang Pete, dan berakhir di halaman makodim 0714/Salatiga.

Perjalanan LLK 2019 dari Koramil 04/Bringin ke makodim 0714/Salatiga melalui wilayah Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, diikuti 60 orang anggota, pamong Saka serta dikawal oleh anggota Kodim 0714/Salatiga, dan akan dilanjutkan kegiatan resik - resik kutha. (Fera Marita)

Sumbe: Pendim 0714/Salatiga