Pemuda: Dilema Game Online dan Spiritualitas -->

code ads

Pemuda: Dilema Game Online dan Spiritualitas

Monday, December 9, 2019
Ilustrasi tampilan game online Mobile Legend. (Foto: net)

Salatiga, beritaglobal.net - Game online sekarang ini begitu popular dan banyak dimainkan oleh banyak orang, baik dari kalangan anak - anak sampai orang tua, khususnya dikalangan pemuda. Ketika bermain game online, banyak pemuda yang memikirkan spiritualitas mereka karena ada banyak sekali kasus yang disebabkan oleh game online yang berdampak bagi spiritualitas pemuda, kebanyakan pemuda yang telah memainkan game online ini dapat dengan cepat merasa kecanduan karena game online menyediakan apa yang diinginkan oleh para pemainnya.

Terkadang banyak pemuda yang memainkan game online ini hanya untuk melampiaskan rasa emosionalnya, tetapi juga banyak pemuda yang terpancing emosinya ketika bermain game online hingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Kecanduan game online berdampak besar pada para pemuda yang membuat mereka dapat duduk atau tidur berlama - lama disatu tempat dan tidak berpindah jika telah bermain game online. Mereka pun dapat melupakan segala hal dan kebutuhan mereka seperti tidak mengikuti ibadah, lupa makan, tidak tidur, mengabaikan sekolah, pekerjaan dan banyak hal lain yang telah menjadi tanggung jawab mereka.

Sebelum memainkan game online, pemuda perlu mengetahui dampak - dampak dari game online terhadap spiritualitas pemuda. Game online sangat berdampak besar bagi pemain game online maupun orang sekitar. Dampak yang di timbulkan dari game online itu bisa dampak yang baik(positif) dan dampak yang tidak baik(negatif) terhadap spiritualitas pemuda. Dampak yang di timbulkan dari game online terhadap spiritualitas pemuda tergantung dari orang yang memainkan.

Andrew Rollings & Ernest Adams(2006), menurut mereka game online lebih tepat sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebuah genre permainan, atau bisa dikatakan suatu mekanisme untuk menghungkan pemain bersama dibandingkan pola tertentu dalam permainan. Bobby Bodenheimer(1999), game online adalah program permainan yang tersambung melalui jaringan yang bisa dimainkan kapan saja, dimana saja dan dapat dimainkan berkelompok di seluruh dunia dan permainan game online menampilkan gambar - gambar menarik seperti diinginkan pemain, yang didukung oleh komputer. Game online merupakan salah satu bukti kecerdasan manusia yang dihasilkan melalui teknologi, dimana game ini sangat canggih dan bahkan dapat menyenangkan hati para pemainnya. Dengan fasilitas yang dilangkapi sesuai dengan kebutuhan bahkan lebih menarik lagi yang selalu membuat para pemain ketagihan dan bahkan berusaha mengikuti perkembangan level yang membuat pemain penasaran untuk terus mencoba menyelesaikan permainan tersebut.

Menurut Dillon(2003), spiritualitas adalah kualitas hidup dalam dunia nyata yang bersumber dari spiritual, sedangkan agama yaitu praktek yang merupakan perwujudan spiritual. Menurut Rousseau(2014), spiritualitas itu untuk mencari makna dan tujuan dari hidup, sebuah energi hidup yang menghidupkan itu spiritual, sedangkan pengalaman yang transeden dalam kehidupan nyata untuk mendapatkan makna dari hidup itu agama.

Menurut Homer(2001), spiritualitas merupakan aspek kognitif pada proses kehidupan baik individu maupun berkelompok untuk mencari makna, nilai-nilai, dan hubungan yang diyakini membuat hidup layak, berharga bahkan kematian yang bermakna. Jadi, dapat disimpulkan bahwa spiritualitas adalah mencari makna dan tujuan dari kehidupan untuk menjadi baik, berharga dan bermakna.

Dampak positif game online terhadap spiritualitas pemuda

Menurut Drivandri Rihi Kadji(Wawancara, 29 November 2019), dampak positif game online terhadap spiritualitas tidak ada, karena game online hanyalah hiburan ketika terasa terbeban.

Menurut Josep Amilaga(Wawancara, 29 November 2019), dampak positif game online terhadap spiritualitas yaitu untuk melatih kesabaran dan untuk melatih kepercayaannya kepada sesama maupun kepada Tuhan.

Menurut Putra Umbu(Wawancara, 29 November 2019), tidak ada dampak positif game online terhadap spiritualitasnya.

Menurut Thiyo(Wawancara, 29 November 2019), ada dampak positif bermain game online terhadap spiritualitasnya karena ketika salah mengucapkan kata makian membuat dia selalu mengakui kesalahan kepada Tuhan dan juga game online melatih kesabarannya.

Dampak negatif game online terhadap spiritualitas pemuda

Menurut Drivandri Rihi Kadji(Wawancara, 29 November 2019), dampak negatif yang di timbulkan sangatlah banyak seperti menghina orang, emosional, tidak menghargai waktu sehingga menurutnya ini membuat spiritualitasnya tidak baik.

Menurut Josep Amilaga(Wawancara, 29 November 2019), game online memberikan banyak dampak dampak negatif kepada spiritualitasnya seperti tidak berdoa, mengeluarkan kata makian, tidak kerja tugas, menghina orang.

Menurut Putra Umbu(Wawancara, 29 November 2019), ada banyak dampak negatif dari game online terhadap spiritualitas seperti tidak pergi ibadah, mengeluarkan kata - kata yang tidak baik, menghina orang, tidak berdoa, tidak melakukan saat teduh.

Menurut Thiyo(Wawancara, 29 November  2019), dampak negatif yang di timbulkan game online sangatlah banyak seperti mengeluarkan kata makian, menghina orang, tidak melakukan ibadah.

Game online mempunyai dampak positif dan dampak negatif terhadap spiritualitas pemuda. Dampak positif maupun dampak negatif yang dapat di timbulkan tergantung dari pemain. Dampak yang tidak baik(negatif) dari game online terhadap spiritualitas pemuda lebih banyak dari pada dampak yang baik(positif) dari game online terhadap spiritualitas pemuda. Dampak negatif yang di timbulkan dari game online terhadap spiritualitas pemuda  dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebelum memainkan game online, diperlukan penguasaan diri dan menjadwalkan waktu dengan baik. Penguasaan diri sangat di perlukan agar tidak kecanduan game online dan tidak emosi ketika bermain game online serta kita juga harus menjadwalkan terlebih dahulu waktu bermain agar tidak membuang waktu kita dengan percuma.

Dengan menjadwalkan waktu bermain tentu sangat baik karena tidak mengganggu aktivitas dan tanggung jawab sehari-hari seperti pergi ke ibadah, berdoa, sekolah, kerja, serta aktifitas lainnya. Dengan mengontrol diri dan menjadwalkan waktu dengan baik ketika bermain game online, tentu bisa mengurangi dampak negatif terhadap spiritualitas pemuda serta bisa memberikan dampak positif terhadap spiritualitas pemuda.




Ditulis oleh: Nefriston Bram Neonufa
Editor: Tim Redaksi