Rayakan Malam Tahun Baru 2020 di BCL, Warga Telogowero Harap Destinasi Wisata Alam Setempat Semakin Berkembang -->

code ads


Rayakan Malam Tahun Baru 2020 di BCL, Warga Telogowero Harap Destinasi Wisata Alam Setempat Semakin Berkembang

Tuesday, December 31, 2019
Gelaran live music di BCL, Desa Telogowero, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, hibur warga setempat di malam tahun baru 2020, Selasa (31/12/2019). (Foto: dok. istimewa/RTM)

Temanggung, beritaglobal.net - Banyu Ciblon Lestari, menjadi destinasi warga Telogowero, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, pada Selasa (31/12/2019), merayakan malam pergantian tahun dengan cara berbeda di lokasi wisata yang letaknya di antara dua bukit di desa tersebut. Sekalipun, warga harus melewati jalan setapak yang cukup ekstrim untuk bisa sampai ke lokasi.

Banyu Ciblon Lestari atau warga menyebutnya BCL merupakan tempat wisata alam yang akhir - akhir ini banyak diburu wisatawan. Selain pemandangan alam yang eksotis berpadu dengan aliran air yang jernih, wisatawan akan merasanya betah untuk berlama - lama disana karena udaranya yang masih segar. Untuk sampai ke lokasi, harus berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilo meter, dan melewati jalan setapak yang sedikit ekstrem, dimana terdapat bagian jalan yang disisinya terdapat jurang cukup curam.

Silvi (17), salah satu warga yang turut serta menikmati acara perayaan pergantian tahun di kawasan BCL, kepada beritaglobal.net menyampaikan, "Malam ini kami warga Telogowero bersama - sama berkumpul disini merayakan pergantian tahun dengan cara yang unik. Ada tenda - tenda dipasang, lampu - lampu penerangan dari obor, bakar - bakar jagung, sampai live musik juga dari pemuda desa ini sendiri. Sekalipun tadi sempat hujan tidak menghalangi kami melanjutkan acara," ungkapnya.

Tenda - tenda yang dipersiapkan panitia acara perayaan malam tahun baru 2020 di BCL, Desa Telogowero. (Foto: dok. istimewa/RTM)
Sementara itu, Isworo salah satu panitia acara, disela persiapan acara menjelaskan, "Untuk persiapan acara sebenarnya sudah dari kemarin tetapi tertunda sebentar karena tadi hujan cukup deras, kami memang memilih tempat ini karena biar beda dari yang lain untuk menyambut tahun baru, selain itu sebagai ajang warga berkumpul. Wisata ini memang berpotensi lebih banyak dikunjungi kedepannya karena keindahan alamnya masih alami, selain itu ada mitos jika mandi di kolam akan menjadikan awet muda. Hal itu, jadi salah satu faktor pemicu rasa penasaran orang datang kemari, sekalipun harus berjalan cukup jauh dari kampung. Kita juga menyediakan tenda, jika ada yang mau bermalam disini nanti," ungkap Isworo.

Ratusan pengunjung dari warga setempat tampak menikmati sajian khas desa tersebut, dengan bersenda gurau.

Secara terpisah, saat ditemui beritaglobal.net, Iwan Irmiyanto selaku Ketua Pengelola BCL, berharap agar kedepan BCL semakin maju, "Kami selaku pengelola berharap tempat ini bisa bersaing dengan destinasi wisata yang lain, bahkan BCL juga sudah sering dikunjungi wisatawan mancanegara," jelas Iwan.

Dukungan Pemerintah Desa

Apa yang dilakukan oleh para pemuda Telogowero, mendapat dukungan Kepala Desa setempat, Beni Kartika. Dirinya hadir bersama perangkat desa, untuk bersama - sama warga dan panitia acara menyongsong malam pergantian tahun.

Serangkaian acara dipersiapkan panitia malam itu untuk memeriahkan malam pergantian tahun 2020. Selain live musik, disediakan pula tenda untuk bermalam warga yang hadir, sajian makanan tradisional Temanggung, tampak melengkapi suasana. Acara berlangsung meriah, hingga waktu yang paling ditunggu yaitu pukul 00.00 WIB, yang berarti tahun sudah berganti. (*)



Ditulis oleh: Ratmaningsih
Kontributor beritaglobal.net Temanggung