3.452 Pemilih Songsong Pilkades di Desa Getas, Panitia Harapkan Kondusifitas Warga Jelang dan Pasca Pelaksanaan Pilkades -->

code ads

3.452 Pemilih Songsong Pilkades di Desa Getas, Panitia Harapkan Kondusifitas Warga Jelang dan Pasca Pelaksanaan Pilkades

Thursday, January 2, 2020
Panitia Pilkades Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, berfoto bersama seusai rapat persiapan pelaksanaan pilkades di depan kantor Desa setempat, Kamis (02/01/2020). (Foto: dok. istimewa/RTM)

Temanggung, beritaglobal.net - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), serentak di Kabupaten Temanggung akan di laksanakan Kamis (9/1/2020) mendatang. Berbagai persiapan dilakukan oleh panitia pilkades. Begitu pula di Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung dengan total penduduk 4.373 jiwa, dan daftar prmilih tetap yang ada di tangan panitia adalah 3.452 pemilih, terbagi dalam sembilan dusun.

Berdasar pantauan beritaglobal.net dari sajian data panitia Pilkades, Kamis (02/01/2020), mayoritas penduduk Desa Getas berprofesi sebagai petani. Sementara itu, dari tiga ribuan lebih pemilih, mereka memiliki latar belakang agama yang berbeda, diantaranya Islam, Kristen, Katholik dan Budha.

Saat ini, jalannya roda pemerintahan di Desa Getas, dipimpin oleh Sukirno selaku Pengganti Jabatan Sementara (PJS), menggantikan kepala desa yang sudah purna jabatan pada bulan November 2019 lalu.

Sebanyak empat orang mencalonkan diri menjadi bakal calon kepala desa yaitu Dwiyanto dari dusun Pringapus selaku mantan kades yang baru saja purna,Suparmin dan Ramidi  dari dusun Kemiri juga Sulisma warga Getas.

Hal ini, seperti dijelaskan oleh Sapto Purnomo, Sekretaris Desa Getas, ketika ditemui beritaglobal.net, di sela rapat Panitia Pilkades Getas, dan menerangkan pula jika proses persiapan panitia telah mencapai sembilan puluh persen, dimana pekan depan, akan dilangsungkan pengenalan dan pemaparan visi dan misi dari masing - masing Calon Kades kepada warga Desa Getas.

"Untuk pengenalan calon kades kepada warga hari Senin (06/01/2020) memdatang. Sementara penyampaian visi dan misi calon, akan diselenggarakan pada tanggal 08 Januari 2020. Perbedaan pelaksanaan Pilkades kali ini dengan yang terdahulu, yaitu pada penerapan distrik dan gambar yang akan digunakan pada kertas surat suara," ungkapnya.

Ditambahkannya, pada kertas suara, akan terpampang foto dari masing - masing calon kades, berbeda dengan periode sebelumnya, dimana kertas suara berisi gambar yang mewakili calon kades, seperti gambar palawija. "Kita selaku panitia sudah mempersiapakan Pilkades kali ini secara prosedural. Cetak surat suara menyusul dikarenakan menunggu pengambilan nomor peserta besok tanggal enam, untuk pencoblosan sendiri, nantinya dilaksanakan di balai desa," imbuhnya.

Sedangkan Ketua Panitia pelaksanaan Pilkades, Dama mengatakan, "Hari Selasa (31/12/2019) lalu, di Kantor Desa Getas, telah disepakati dan  ditandatangani deklarasi damai. Dengan diikuti oleh keempat calon kades, yang disaksikan oleh Camat Kaloran Drs. Muhammad Nizar Ardani, M.M., AKP Sutrisno selaku Kapolsek dan Danramil Kaloran Kapten Inf Saiman serta saya sendiri sebagai Ketua Panitia Pilkades," ungkap Dama.

"Situasi menjelang Pilkades di desa ini sangat kondusif, kami selaku panitia berharap saat berlangsungnya pencoblosan dan sesudahnya akan tetap aman dan kondusif. Masyarakat sekarang sudah cerdas dalam mensikapi momen - momen politik seperti saat ini, mereka sudah bisa memilih kepala desa sesuai hati nurani," jelas Sekretaris Panitia Pilkades, Bangun widodo menambahkan. (*)



Ditulis oleh: Ratmaningsih
Editor: Agus Subekti