Bukan Sekedar Penjaga Perbatasan, Satgas Yonif Raider 300/Bjw Juga Turut Cerdaskan Anak Papua -->

code ads


Bukan Sekedar Penjaga Perbatasan, Satgas Yonif Raider 300/Bjw Juga Turut Cerdaskan Anak Papua

Monday, January 27, 2020
Personel Satgas Pamtas Pos Wambes Yonif 300/Bjw saat menjadi tenaga pengajar di SD Inpres Wambes Pir-V, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. (Foto: dok. Papen Yonif 300/Bjw)

Keerom, beritaglobal.net - Rangkaian kegiatan rutin Satuan Tugas Penjaga Perbatasan RI di Bumi Cendrawasih, bukan hanya pada aktivitas menjaga keamanan, namun juga merambah pada bidang pendidikan. Seperti yang dilakukan oleh personel Satgas Pamtas Yonif Raider 300/Bjw Pos Wambes, Senin (27/01/2020).

Disampaikan Papen Satgas Raider 300/Bjw Lettu Dody Suyono, kepada beritaglobal.net, Senin (27/01/2020), personel Pos Wambes dengan dipimpin Serda Bayu Arif melaksanakan kegiatan mengajar di Sekolah Dasar Inpres Wambes Pir-V, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

"Proses belajar mengajar tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan rutinitas yang di lakukan oleh Satgas Raider 300 yaitu Pos Wambes," ungkap Lettu Dody mewakili Dansatgas Pamtas Yonif 300/Bjw.

Dijelaskan kembali olehnya, keberadaan Pos Wambes mempunyai tanggung jawab desa binaan, sekaligus mempunyai peranan penting terhadap tumbuh kembang kemampuan anak - anak sekolah dasar, sehingga kelak memiliki kecintaan terhadap tanah air.

"Ada dua puluhan anak yang hadir di kelas, mereka sangat antusias menerima pelajaran yang kami sampaikan, terutama manfaat pengetahuan yang mereka dapatkan tentang begitu indah dan luasnya Indonesia secara keseluruhan," tambahnya.

Untuk menghindari rasa jenuh kepada para siswa, personel Satgas menggunakan metode belajar sambil bermain, begitu ceria dan riangnya anak - anak tersebut belajar tentang keragaman dan kayanya Indonesia dengan berbagai macam budayanya, sehingga mereka sedikit banyak mengenal indonesia secara lebih dekat.

Sementara itu, disampaikan Lettu Dody, Kepala Sekolah Dasar Inpres Wambes Sepnat Ronggamusi, begitu terkesan dan mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangsih yang di berikan oleh TNI dalam hal ini Pos Wambes dengan memberikan pelajaran wawasan kebangsaan kepada anak - anak sekolah dasar yang dipimpinnya.

"Karena dengan memberikan materi wawasan kebangsaan sejak dini, secara tidak langsung akan menanamkan jiwa kebangsaan kedalam diri mereka, sehingga mereka mengetahui bahwa Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Lettu Dody menirukan Sepnat Ronggamusi. (Agus Subekti/JH)