Komitmen Anggota PMR MAN Salatiga Pasca Dilantik, Sepakati "Gerakan Hari Berbagi dan Gerakan Kurangi Sampah Plastik" -->

code ads

Komitmen Anggota PMR MAN Salatiga Pasca Dilantik, Sepakati "Gerakan Hari Berbagi dan Gerakan Kurangi Sampah Plastik"

Saturday, January 25, 2020
Outbound dan Pelantikan Anggota Baru PMR MAN Salatiga di Bumi Perkemahan Senjoyo, Sabtu (25/01/2020). (Foto: istimewa/NH)

Salatiga, beritaglobal.net - Sebagai salah satu sumber daya di organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) dari unsur relawan muda, diharapkan dapat turut serta membantu sesama, saat terjadi bencana alam di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Salah satu sekolah di Kota Salatiga yang memiliki organisasi PMR aktif adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN), dengan nama Asy - Syifa Husada. Kepada beritaglobal.net, Sofi Ana selaku Pembina PMR MAN, melalui pelatih anggota baru PMR MAN dari PMI Salatiga Nur Handayani, menyampaikan, jika anggota baru PMR MAN, setelah melalui proses Latihan Rutin dan Pendidikan Dasar selama beberapa bulan terakhir dan dengan pertemuan 1 minggu sekali, resmi dilantik pada hari Sabtu (25/01/2020) di Bumi Perkemahan Senjoyo.

"Siswa yang sudah menjalani kegiatan rutin tersebut dilantik oleh pihak sekolah dan Pelatih PMI Kota Salatiga bekerjasama dengan Humanity Training & Consulting (HTC) Salatiga di Bumi Perkemahan Senjoyo," ungkap Sofi melalui Nur Handayani.

Ditambahkan oleh Sofi, bahwa pelantikan ini sebagai wujud penghargaan kepada siswa, harapannya juga untuk membangkitkan jiwa kepalangmerahan dan jiwa korsa bagi anggota baru dengan mendesain kegiatan pelantikan dalam bentuk Outbound, Simulasi dan tradisi yang dilakukan anggota PMR.

"Harapan kami sebenarnya pelantikan dapat dilakukan oleh Pengurus PMI Kota Salatiga, namun karena berhalangan hadir maka pelantikan dilakukan langsung oleh pihak sekolah dalam hal ini yaitu diwakili pembina PMR," imbuh Sofi.

Dalam kegiatan pelantikan ini, dengan dibimbing oleh pelatihnya anggota PMR telah menyepakati akan membuat "Gerakan Hari Berbagi dan Gerakan Kurangi Sampah Plastik"

Dua Gerakan itu merupakan wujud Tri Bakti PMR yang akan dilaksanakan dan akan dipersiapkan. Untuk hal tekhnisnya ke depan, harapannya aksi tersebut akan didukung oleh berbagai pihak.

Sementara itu, secara langsung Nur Handayani, selaku pelatih PMR MAN Salatiga yang mendapatkan tugas dari PMI Salatiga, menjelaskan jika PMR MAN Salatiga, telah aktif sejak kurun waktu 10 tahun terakhir. "Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat kehadiran dalam acara pelantikan, selalu mencapai 90% dari total jumlah peserta," ucap Nur Handayani.

Nur Handayani sendiri, telah secara rutin memberi pelatihan pada anggota PMR MAN, sejak 5 tahun terakhir. Dirinya beserta tim dari HTC Salatiga, berharap adanya peran serta dari komunitas ataupun elemen kepemudaan lain di Kota Salatiga yang dapat berkolaborasi bersama anggota PMR MAN dalam mewujudkan Gerakan Hari Berbagi dan Gerakan Kurangi Sampah Plastik. (Agus Subekti)