Masyarakat di Dua Belas Desa di Kecamatan Kaloran - Temanggung, Bersiap Gunakan Hak Pilihnya Jelang Pilkades Serentak Tahap I Tahun 2020 -->

code ads


Masyarakat di Dua Belas Desa di Kecamatan Kaloran - Temanggung, Bersiap Gunakan Hak Pilihnya Jelang Pilkades Serentak Tahap I Tahun 2020

Wednesday, January 8, 2020
Muspika Kaloran saat berkunjung ke rumah salah satu calon Kades untuk memberi dukungan semangat, doa dan menyampaikan himbauan untuk selalu menjaga suasana aman, nyaman serta kondusif. (Foto: dok. istimewa/RTM)

Temanggung, beritaglobal.net - Tahap pertama pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 216 Desa di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung tahun 2020, akan dimulai hari Kamis (09/01/2020) esok hari. Seperti disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono, S.Sos., M.M., pada beritaglobal.net, belum lama ini.

Dari data 90 desa peserta Pilkades serentak periode pertama tahun 2020 ini, 12 desa dari total 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Rabu (08/01/2020), Camat Kaloran Drs. Muhammad Nizar Ardani, M.M., didampingi Kapolsek Kaloran Polres Temanggung AKP H. Sutrisno, S.H., dan Seketaris Kecamatan, telah menyambangi ke - 37 calon kepala desa yang akan mengikuti proses pilkades serentak periode pertama tahun 2020 di Kecamatan Kaloran. Selain mengunjungi seluruh calon kades di Kecamatan Kaloran, Camat Kaloran beserta Kapolsek Kaloran dan jajarannya, juga memberi semangat dukungan, dan menyampaikan doa serta himbauan kepada seluruh calon kades dan pendukungnya.

"Kami selaku Muspika berusaha menciptakan suasana kondusif. Ada dua belas desa yang besok akan menyelenggarakan pilkades, dari empat belas desa yang ada di kecamatan ini. Kami berharap partisipasi dari warga untuk menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif," ungkap M. Nizar kepada beritaglobal.net, Kamis (08/01/2020).

Ditambahkannya, terdapat dua desa yang calon kadesnya merupakan pasangan suami istri, yaitu Desa Kalimanggis dan Desa Janggleng. Apa yang disampaikan Nizar, dibenarkan oleh Kapolsek Kaloran AKP H. Sutrisno.

Sementara itu, secara terpisah, saat ditemui beritaglobal.net, Sri Suraya, sebagai salah satu calon kepala desa dari empat calon kades di Desa Kuwarakan, Kecamatan Kaloran, mengharapkan seluruh pemilih di desanya, menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani. "Saya berharap warga di Temanggung pada umumnya dan warga di Desa Kuwarakan khususnya agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani, supaya pemilihan kepala desa ini, berjalan lancar, tercipta suasana aman, nyaman," ungkapnya.

Dari pantauan beritaglobal.net, panitia pilkades di masing - masing desa penyelenggara, telah mempersiapan pelaksanaan pemungutan suara dengan baik. Bahkan upaya pengamanan telah terlihat dipersiapkan panitia sejak dua hari yang lalu, pasca dilakukan pengundian nomor urut.

"Pengamanan juga sudah diperketat, selain melibatkan Satlinmas setempat juga mendapat dukungan pengamanan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan setempat," ungkap AKP Sutrisno.

Jelang pelaksanaan pilkades serentak tahap pertama tahun 2020, suasana terlihat kondusif sesuai harapan dari Pemerintah Kabupaten Temanggung, Muspika Kaloran, bahkan dari seluruh warga Kaloran. (Ratmaningsih)